Anies-Baswedan-Gowes
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gowes bersama para Dubes negara Nordik. (foto: Okezone/Fakhrizal Fakhri)

harianpijar.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kegiatan bersepeda bersama para Duta Besar dari negara Nordik, yakni Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia serta Uni Eropa.

Kegiatan gowes itu dimulai dari Kedutaan Besar Uni Eropa di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menuju kawasan Kedubes Denmark di Menara Rajawali, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

“Pagi hari ini ikut merasakan merayakan penggunaan sepeda yang lebih masif di Jakarta,” kata Anies Baswedan di Menara Rajawali, Jakarta Selatan, Kamis, 5 November 2020.

Anies Baswedan mengatakan suasana hujan pagi ini tak menghalanginya untuk kegiatan ini. Dirinya mengaku tak terasa sudah menggowes sejauh 8 km.

“Jadi terima kasih Dubes tadi (bersepeda) 8 kilometer, hujan. Tapi tidak terasa,” ucapnya.

Baca juga:   Jelang Pelantikan Anies-Sandi, Surya Paloh: Selamat Bekerja

Anies Baswedan menjelaskan selama ini sepeda banyak dipandang sebagai alat olahraga. Pandangan itu, kata dia, harus diubah, di mana sepeda harus dipandang sebagai alat transportasi.

“Selama ini mayoritas memandang sepeda sebagai alat olahraga, sport, harus diubah jadi transport. Nah ini yang sedang kita kerjakan, dengan adanya infrastruktur itu harapannya pengemudi sepeda merasa lebih nyaman kalau ada di jalan menggunakan sepeda-sepeda transport,” ujar Anies Baswedan.

Menurut Anies Baswedan, saat ini ada 63 km jalur sepeda di Jakarta. Rencananya, Pemprov DKI Jakarta akan membangun 500 km jalur sepeda.

“Terkait rencana membangun jalur sepeda. saat ini sudah terbangun 63 km jalur sepeda. Kita merencanakan membangun sampai 500 km jalur sepeda di Jakarta,” ungkapnya.

Baca juga:   Djarot: Pertanyakan Niat Anies Baswedan Ciptakan Open Governance

Selain itu, Anies Baswedan mengatakan dalam beberapa bulan ini terjadi peningkatan jumlah pengguna sepeda. Pemprov DKI Jakarta mencatat, ada peningkatan 10 kali lipat.

“Kita menyaksikan dalam beberapa bulan ini, yang menggunakan sepeda di hari kerja di sekitar Sudirman-Thamrin dihitung oleh Dishub mengalami lonjakan 10 kali lipat. Artinya kita sudah mulai menyaksikan orang menggunakan sepeda alat transport,” kata Anies Baswedan.

Sementara itu, usai tiba di di Menara Rajawali, Anies Baswedan bersama Dubes negara Nordik langsung masuk. Mereka sempat bincang-bincang sembari menikmati coffee morning. (nuch/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar