Said-Iqbal
Presiden KSPI Said Iqbal. (foto : dok. Inisiatifnews)

harianpijar.com, JAKARTA – Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI) akan memusatkan demonstrasi di sekitar Istana dan Mahkamah Konstitusi (MK). Tak hanya itu, pihak buruh juga akan melakukan konsultasi soal uji materiil dan uji formil omnibus law UU Cipta Kerja ke MK.

“Tuntutan yang akan disuarakan adalah, batalkan omnibus law UU Cipta Kerja dan menuntut agar upah minimum tahun 2021 (UMP, UMK, UMSP, dan UMSK) tetap naik,” ujar Presiden KSPI Said Iqbal dalam keterangannya, Senin, 2 November 2020.

Said Iqbal mengatakan aksi unjuk rasa akan dimulai sekira pukul 10.30 WIB. Massa awalnya akan berkumpul di patung kuda dan bergerak ke arah gedung MK.

Baca juga:   DPP Berkarya Bantah Gugat ke MK, Begini Kata KPU

“Untuk wilayah Jabodetak, aksi akan dipusatkan di Istana dan Mahkamah Konstitusi. Titik kumpul di Patung Kuda,” sebutnya.

Lebih lanjut, dikatakan Said Iqbal, aksi demonstrasi di MK juga akan dibarengi dengan pendaftaran uji materiil dan uji formil Omnibus Law UU Cipta Kerja di MK. Namun, menurutnya, jika belum mendapatkan nomor saat pendaftaran, maka KSPI akan berkonsultasi terlebih dulu ke MK.

“Tetapi bilamana nomor UU Cipta Kerja belum ada pada saat penyerahan berkas gugatan tersebut, maka yang akan dilakukan KSPI dan KSPSI AGN hanya bersifat konsultasi ke MK,” kata Said Iqbal.

UU Cipta Kerja diketahui disetujui DPR pada 5 Oktober 2020. Sesuai aturan, UU yang disahkan DPR itu akan berlaku efektif 30 hari sejak disahkan.

Baca juga:   Luhut Tunjuk Jakarta Jadi Model Penerapan Protokol COVID, Gubernur Anies: We Will Follow Order

Sebagaimana diketahui, buruh kembali menggelar unjuk rasa di sejumlah daerah, termasuk di Ibu Kota. Sederet tuntutan akan dikemukakan dalam demonstrasi itu mulai dari penolakan omnibus law UU Cipta Kerja hingga kenaikan upah minimum 2021.

Aksi buruh ini bakal digelar secara serentak di 24 provinsi. Khusus untuk Jakarta, aksi unjuk rasa akan dipusatkan di Istana dan MK.

Massa buruh yang akan menggelar demonstrasi berasal dari KSPI, KSPSI, AGN, dan Gekanas. Massa buruh dijadwalkan akan berkumpul di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Polisi mengimbau massa agar tidak rusuh. (nuch/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar