Cara-Mengatasi-Sakit-Gigi
. (foto: dok. tanyapepsodent)

harianpijar.com – Setiap orang biasanya memiliki pengalaman lebih dari satu kali merasakan sakit gigi. Rasa nyut-nyutan alias rasa sakitnya bisa sangat mengganggu dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari. Cara mengatasi sakit gigi dalam waktu seketika di bawah ini perlu dicoba agar Anda tetap bisa tidur maksimal tanpa terganggu sakit gigi.

Sakit gigi biasanya disebabkan karena adanya lubang. Jika tidak segera diatasi, lubang itu bisa menyebabkan permasalahan lainnya. Medical News Today mengatakan sakit gigi akan terasa lebih parah saat malam hari, sebab tak ada kegiatan lain yang mendistraksi tubuh dari rasa sakit gigi.

Namun sayangnya, saat sakit gigi terkadang tak bisa langsung diatasi dengan pergi ke dokter. Di saat inilah cara mengobati sakit gigi yang alami dan obat-obatan darurat diperlukan untuk meringankan rasa nyeri.

Adapun cara mengatasi sakit gigi dalam waktu seketika adalah sebagai berikut:

Obat sakit gigi

Cara mengatasi sakit gigi dalam waktu seketika yang paling ampuh tentu saja dengan menggunakan obat sakit gigi. Obat sakit gigi yang bisa dikonsumsi seperti acetaminophen (tylenol) atau ibuprofen.

Jenis obat tersebut bisa dipakai untuk mengobati sakit gigi yang tidak terlalu parah. Namun, pastikan untuk tetap mengikuti aturan pakai yang tertera. Jika gigi terasa sakit sekali, segera hubungi dokter untuk mendapat obat yang tepat.

Baca juga:   Efek Samping Yang Ditimbulkan Dari Suntik Silikon

Kompres es atau air dingin

Caranya adalah es dibungkus handuk dan ditempelkan pada bagian yang membengkak akibat sakit gigi, biasanya area wajah atau rahang. Kompres tersebut akan membuat pembuluh darah mengencang sehingga rasa sakit bisa berkurang. Lakukan kompres selama 15-20 menit sebelum tidur.

Setelah kondisi terasa lebih baik disarankan untuk segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bengkak saat sakit gigi biasanya disebabkan luka, kantung nanah, atau ada masalah pada akar. Kondisi ini berisiko mengakibatkan infeksi serius yang menyebar ke gigi lain, jika tidak diperiksakan ke dokter gigi secepatnya.

Mengangkat kepala

Dalam beberapa kasus, mengangkat kepala efektif sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami dan ampuh. Cara ini biasanya diterapkan saat sakit gigi menyerang di malam hari hingga menyebabkan tidak bisa tidur.

Caranya adalah dengan menggunakan bantal tambahan saat hendak istirahat malam. Kepala yang terangkat mencegah peningkatan tekanan akibat darah yang mengalir ke area mulut dan kepala.

Hasilnya rasa sakit bisa lebih ringan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi pembengkakan. Saat rasa nyeri berkurang, pastikan segera ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam adalah cara mengatasi sakit gigi dalam waktu seketika lainnya yang bisa dicoba. Air garam adalah bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang.

Baca juga:   SERA Berikan Solusi Layanan Transportasi Terbaik di Indonesia

Air garam juga merupakan disinfektan alami yang membantu membersihkan gigi dari sisa makanan. Jadi, kerusakan gigi akibat infeksi juga ikut berkurang.

Cengkih atau cengkeh

Cengkih adalah obat herbal sakit gigi. Cengkih dapat dipakai sebagai cara mengatasi sakit gigi dalam waktu seketika karena adanya kandungan eugenol di dalamnya.

Eugenol bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi akibat sakit gigi karena fungsinya sebagai analgesik. Aplikasikan cara ini dengan menumbuk cengkih dan mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta. Lalu, oleskan pasta cengkih pada gigi yang sakit.

Bawang putih

Bawang putih adalah bahan rumah tangga lain yang biasa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih memiliki efek anti bakteri yang sangat kuat. Allicin inilah yang membantu mengurangi bakteri dalam mulut hingga mengakibatkan sakit gigi.

Anti bakteri juga menekan risiko terjadinya plak pada gigi. Bagi yang ingin mencobanya, bawang putih bisa dihancurkan terlebih dahulu menjadi pasta.

Campuran bawang putih bisa ditambah garam secukupnya sebelum diaplikasikan pada gigi yang sakit. Cara lainnya bawang putih segar langsung dikunyah untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih mungkin tidak cocok untuk semua orang karena aromanya yang sangat kuat.

BACA JUGA