Cara-Menyembuhkan-Flu
. (foto: dok. orami)

harianpijar.com – Saat cuaca sedang ekstrim seperti akhir-akhir ini, itu artinya kita harus waspada dengan datangnya virus penyakit, terutama flu. 7 cara di bawah ini ampuh menyembuhkan flu dengan mudah.

Influensa atau flu adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Saat flu melanda, biasanya hidung akan terasa tersumbat dan juga bersin. Hal ini tentu membuat kurang nyaman dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Flu bisa disebabkan karena common cold (selesma), influenza, rhinitis alergi, serta sinusitis. Penyakit flu dapat dengan mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, batuk dan bersin.

Tapi jangan khawatir, karena flu sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh membaik. Jadi, jika anggota keluarga sedang mengalami pilek atau flu, berikut beberapa cara ampuh untuk menyembuhkan flu dengan mudah:

1. Banyak minum air putih

Air putih memang mempunyai segudang manfaat. Banyak minum air putih bisa mengurangi gejala flu terutama yang disebabkan oleh influenza dan common cold. Dengan banyak minum, dapat membantu mengencerkan lendir yang berada dalam saluran hidung dan tenggorokan.

Usahakan minum air puith minimal 8 gelas per harinya. Hal itu bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

Baca juga:   Perjalanan 8 Tahun, NOAH Bakal Bawa Pengalaman Baru dalam Menikmati Konser

2. Konsumsi minuman hangat

Mengkonsumsi teh hangat yang diberi campuran jeruk lemon mengandung vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Lemon dapat merangsang pengeluaran dahak dan membantu tubuh cepat pulih dari flu.

Mengapa harus hangat? Karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu.

3. Terapi uap

Cara ampuh menyembuhkan flu lainnya adalah dengan terapi uap. Caranya masukan air panas ke dalam baskom, lalu gunakan handuk menutupi kepala, selanjutnya tempatkan wajah di atas baskom tersebut selama 20-30 menit. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan beristirahatlah jika uap terasa terlalu panas di wajah.

Agar hasilnya lebih optimal, bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya ke dalam air hangat.

4. Konsumsi sup

Ketika flu dan batuk menyerang, salah satu makanan yang bisa meredakannya adalah sup daging sapi atau ayam hangat. Sup mengandung protein yang sangat baik untuk meregenerasi sel tubuh.

Selain itu, campuran sayur-sayuran yang tinggi akan antioksidan dan juga vitamin serta mineral, baik untuk mempercepat pemulihan.

Baca juga:   Ini Cara Mengatasi Sakit Gigi dalam Waktu Seketika, Langsung Bisa Tidur!

5. Berkumur

Berkumur bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi flu. Sebab, berkumur dapat membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan.

Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Atau kalau mau lebih praktis, berkumurlah dengan cairan khusus untuk berkumur yang banyak beredar di pasaran.

6. Menghirup aroma minyak kayu putih

Menghirup aroma yang menyegarkan dan melegakan pernapasan dapat meringankan flu. Oleskan minyak kayu putih di lubang hidung dan hirup aromanya dalam-dalam.

Jangan lupa oleskan juga pada dada dan leher. Efek hangat yang ditimbulkannya dapat mengurangi perasaan tak nyaman karena flu.

7. Istirahat yang cukup

Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan mudah menyerang saat sistem kekebalan tubuh lemah. Untuk menuntaskan perlawanan terhadap flu, maka istirahatlah dengan cukup.

Sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kembali normal.

Demikian 7 cara ampuh menyembuhkan flu dengan mudah. Dan ingat, untuk mencegah terjadinya flu, jagalah selalu kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi makanan bergizi, dan cukup asupan cairan. Salam.

BACA JUGA