PAN
Ilustrasi. (foto: medcom/Rakhmat Riyandi)

harianpijar.com, JAKARTA – Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, memprediksi jumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan lompat ke Partai Ummat bisa dilihat dari perolehan suara Mulfachri Harahap saat pemilihan Ketua Umum PAN di kongres ke-5 di Kendari, Sulawesi Tenggara. PAN pun menanggapinya dengan pertanyaan.

“Jika memang dapat dukungan 225 DPD PAN, sampai sekarang pengurus DPD PAN tidak ada yang ikut deklarasi ke partai baru, tidak ada pengurus PAN yang menyatakan keluar dari PAN dan bergabung ke Partai Ummat,” ujar Wakil Sekjen PAN Romy Bareno kepada awak media, Jumat, 2 Oktober 2020.

“Dan apakah pendirian Partai Ummat ini tujuannya hanya untuk mengambil kader dari PAN saja?” tambahnya.

Selain memprediksi soal berapa kader yang akan lompat ke Partai Ummat, Agung Mozin juga mengatakan tidak ada kader yang ingin masuk PAN karena sosok Zulkifli Hasan.

Baca juga:   Begini Respons Terbaru Sekjen PAN Soal Nasihat 'Rabun Ayam' Amien Rais

Terkait hal itu, Romy Bareno tak menampik ketokohan Amien Rais. Namun, dirinya mengingatkan bahwa ketokohan bukan satu-satunya faktor yang membuat seseorang ingin masuk PAN.

“Alasan masuk PAN pasti beragam. Ketokohan adalah salah satunya. Ketokohan salah satu penentu juga kemenangan, tapi bukan satu-satunya, bisa bermacam-macam. Bisa juga di daerah situ mesin PAN yang banyak berbuat untuk rakyat, segala macam faktor yang menentukan kebesaran partai,” kata Romy Bareno.

Sebelumnya, Agung Mozin mengaku belum bisa menyebutkan seberapa banyak kader PAN yang akan bergabung ke Partai Ummat. Namun, menurutnya, dari hasil Munas PAN di Kendari beberapa waktu lalu, ada 225 kabupaten/kota yang mendukung Amien Rais.

Baca juga:   Waketum PAN Berharap Pansus Hak Angket KPK Tak Diperpanjang

“Persentase susah kita sebutkan, tapi begini, dalam partai itu ada nama PAN kultural dan PAN struktural, struktural itu adalah PAN yang duduk sebagai pengurus, dari hasil (Munas) kita di Kendari lalu itu kan kurang-lebih 225 kabupaten kota mendukung Pak Amien Rais dan Hanafi Rais, artinya kalau kita anggap itu maka 225 itu mendukung waktu yang tepat untuk gabung dengan kita,” ujar Agung Mozin saat dihubungi, Kamis, 1 Oktober 2020.

Politikus senior Amien Rais diketahui memang telah mengumumkan nama partai barunya, yakni Partai Ummat. Asas Partai Ummat adalah ‘Islam rahmatan lil alamin’. (msy/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar