Begini Pernyataan Lengkap Amien Rais Umumkan Partai Baru, Partai Ummat

Amien-Rais
Amien Rais. (foto: detik/Grandyos Zafna)

harianpijar.com, JAKARTA – Politikus senior Amien Rais mengumumkan nama partai barunya. Nama partai baru itu adalah Partai Ummat. Amien Rais mengaku ingin berjuang melawan kezaliman melalui Partai Ummat.

“Mukaddimah Partai Ummat,” ujar Amien Rais melalui akun YouTube resminya, Kamis, 1 Oktober 2020.

Amien Rais juga menjelaskan tekad Partai Ummat. Dengan takbir, dirinya menutup penjelasan mukaddimah Partai Ummat.

“Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” kata Amien Rais.

Adapun pernyataan lengkap Amien Rais mengumumkan Partai Ummat adalah sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim. Mukaddimah Partai Ummat.

Kita suci Al-Qur’an mendorong ummat beriman agar dalam mengarungi kehidupan di dunia, mereka senantiasa melaksanakan dua perintah Allah SWT secara serentak.

Pertama, melakukan al amru bil ma’ruf dan an-nahyu ‘anil munkar yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan. Kedua, menjalankan al amru bil ‘adli dan an-nahyu ‘anidzulmi yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman

Bila yang pertama bergerak lebih pada tataran personal, familial dan komunal (level mikro), maka yang kedua bergerak lebih pada tataran nasional (level makro) dan berkaitan erat dengan masalah kekuasaan.

Sejarah ummat manusia menunjukkan bahwa hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal, tetapi sebaliknya pula, hanya negara yang dapat menegakkan keadilan secara merata. Dengan memiliki sarana dan aparat yang lengkap serta kekuasaan yang paling besar, neara dapat melancarkan kezaliman politik, kezaliman ekonomi, kezaliman sosial, kezaliman hukum, bahkan kezaliman kemanusiaan.

Namun hanya negara pula yang dapat menegakkan keadilan bagi semua rakyatnya. Semua tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa, apakah sedang membela kepentingan rakyat dan ummat atau sebaliknya sedang membela kepentingan konglomerat dan korporatokrat. Pada akhirnya segolongan ummat manusia harus berikhtiar untuk menegakkan keadilan sekaligus melawan kezaliman secara sistematik lewat perjuangan politik.

Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal.

Akhirnya iyyaaka na’budu wa iyyaka nasta’iin. Hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada-Nya pula kami memohon pertolongan. Allahu Akbar. Merdeka!

. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini