Hinca-Panjaitan
Hinca Panjaitan. (foto: Monitor/Rangga)

harianpijar.com, JAKARTA – Diketahui sebanyak 37 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mundur dalam kurun waktu satu tahun ini. Terkait hal itu, Partai Demokrat meminta KPK untuk segera mengisi posisi yang kosong, agar tidak mengganggu kinerjanya.

“Kita hormati semua putusan yang diambil oleh 37 pegawai KPK. Pimpinan KPK mengambil hikmahnya dan segera mengisinya agar jangan terganggu kerja KPK sebagai lembaga,” ujar anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, kepada awak media, Sabtu, 26 September 2020.

Hinca Panjaitan meminta KPK mengevaluasi diri di lingkup internal. Menurutnya, KPK juga harus mengambil hikmah dari mundurnya puluhan pegawai KPK ini.

Baca juga:   Breaking News: Sempat Dirawat di RS, Ibunda SBY Siti Habibah Meninggal Dunia

“Mengambil hikmah, artinya melakukan evaluasi, mana yang baik diteruskan, mana yang tidak baik diperbaiki. Itu artinya mengambil hikmah. Tujuan yang utama adalah memastikan lembaga KPK menjalankan tugasnya dengan baik dan jangan sampai terganggu,” pungkas Hinca Panjaitan.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengungkapkan bahwa ada 37 pegawai KPK, selain Febri Diansyah, yang mundur dari lembaga antikorupsi itu dalam setahun ini.

“Terhitung sejak Januari sampai awal September, yang saya catat 29 pegawai tetap dan 8 orang pegawai tidak tetap,” ujar Nawawi Pomolango kepada awak media, Jumat, 25 September 2020.

“Pada umumnya alasan pengunduran dirinya mencari tantangan kerja lain ataupun alasan keluarga,” tambahnya.

Baca juga:   Pukat UGM: Presiden Dinilai Hanya Cari Alasan Tidak Keluarkan Perppu KPK

Sementara itu, Febri Diansyah mengajukan pengunduran diri sejak 18 September 2020. Surat pengunduran diri Febri Diansyah ditujukan kepada pimpinan KPK, Sekjen KPK, dan Kepala Biro SDM KPK.

Menurut Febri Diansyah, kondisi politik dan hukum telah berubah bagi KPK. Kondisi itulah yang akhirnya membuat dirinya memutuskan untuk mundur.

“Kondisi politik dan hukum telah berubah bagi KPK. Setelah menjalani situasi baru tersebut selama sekitar sebelas bulan, saya memutuskan jalan ini, memilih untuk mengajukan pengunduran diri dari institusi yang sangat saya cintai, KPK,” kata Febri Diansyah. (msy/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar