Wajib Coba! Ini 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan

5-Cara-Ampuh-Menghilangkan-Bau-Badan
5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan. (foto: dok. klikdokter)

harianpijar.com – Memiliki masalah bau badan selalu dianggap memalukan oleh banyak orang. Untungnya, ada cara menghilangkan bau badan yang sudah banyak terbukti ampuh sehingga Anda tak perlu lagi menjadi paranoid. Yaitu dengan mulai dari menerapkan kebiasaan diri yang bersih hingga merawat tubuh dengan baik.

Bau badan selalu dihubungkan dengan efek yang muncul usai tubuh berkeringat. Padahal keringat sendiri tidak berbau. Bau badan muncul akibat bakteri yang tinggal di permukaan kulit saat tubuh berkeringat. Namun, bukan pula bakterinya yang bau.

Menurut Healthline, saat tubuh berkeringat, bakteri memecah protein dalam keringat yang menghasilkan asam dan bau. Bau itulah yang kemudian kita sebut sebagai bau badan.

Selain bakteri, ada juga beberapa penyebab lain yang turut menimbulkan bau badan seseorang menjadi begitu menyengat. Seperti, keringat berlebih, bertubuh gemuk, gemar makan makanan pedas dan mengandung belerang, mengonsumsi kafein dan alkohol, stres, keturunan.

Tak hanya itu, penyakit seperti diabetes, problem pada ginjal atau hati, tiroid yang terlalu aktif, juga kerap menjadi biang keladi munculnya bau badan.

Meski demikian, Anda masih bisa bernapas lega karena masalah bau badan tak sulit untuk diatasi. Berikut harianpijar.com jabarkan 5 cara ampuh untuk menghilangkan bau badan:

1. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi teratur

Mandilah setidaknya 2 kali sehari, yakni pagi dan sore, untuk mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. Saat mandi, bersihkan tubuh secara menyeluruh menggunakan sabun dan pastikan area yang cenderung berkeringat dibersihkan dengan benar.

Pastikan keringat, minyak, dan kotoran hilang, untuk mengusir bakteri pemicu bau badan. Penggunaan sabun antibakteri atau antiseptik sangat disarankan.

2. Gunakan deodoran

Selalu gunakan deodoran seusai mandi ketika permukaan tubuh bersih dan kering setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Deodoran memang tidak akan menghindari tubuh dari keringat, tetapi dapat membantu Anda menghentikan sumber bau, yaitu bakteri.

Deodoran membuat bakteri tidak nyaman tinggal di ketiak. Deodoran juga membantu menutupi bau badan dengan aroma wanginya. Kandungan antiperspiran pada deodoran dapat memblokir kelenjar keringat untuk memproduksi lebih banyak keringat.

3. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Jika Anda merupakan pribadi yang sibuk dan aktif namun mudah berkeringat, direkomendasikan untuk menggunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun, linen, sutera, atau wol.

Keempat bahan ini lebih adem ketika dikenakan, memungkinkan ‘kulit mudah bernapas’, dan keringat lebih cepat menguap.

Selain itu, usahakan untuk segera mengganti pakaian jika pakaian yang Anda kenakan telah basah oleh keringat. Hal ini dilakukan agar kulit tidak lembap dan bakteri tidak mudah tumbuh.

4. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Faktor makanan yang dimakan juga berpengaruh pada bau badan Anda. Kurangi atau batasi makanan pedas dan beraroma tajam, seperti kari dan bawang, karena makanan-makanan ini dapat membuat keringat berbau lebih menyengat. Bahkan, alkohol pun dapat memengaruhi bau keringat.

Sebagai gantinya, cobalah konsumsi makan makanan tinggi zinc dan magnesium seperti kerang, tahu, yoghurt, acar, dan buah-buahan yang bisa membantu mengatasi bau tak sedap pada keringat.

5. Cukur dan waxing

Merujuk National Center for Biotechnology Information, sebuah studi yang dilakukan pada 2016 mengungkapkan bahwa mencukur atau mencabut bulu ketiak dengan cara waxing dapat mengurangi bau badan secara signifikan. Alasannya, pembersihan dapat lebih optimal pada kulit yang dicukur atau di-wax.

Penelitian itu juga mengungkapkan, bau badan tidak kembali muncul usai bulu ketiak dicukur dan dibilas dengan sabun.

Jika Anda menderita karena bau badan atau bau ketiak, pertimbangkan untuk mencukur bulunya secara teratur dengan pisau cukur. Namun, jika Anda tak nyaman mencukur semuanya, trim atau potong dengan gunting juga dapat membantu mengurangi bau badan tak sedap.

Pasalnya, bulu ketiak dapat menahan penguapan keringat, sehingga ketiak menjadi lembap dan membuat bakteri penyebab bau badan berkembang biak dengan cepat.

Nah, demikian 5 cara ampuh menghilangkan bau badan dengan cepat. Semoga cara-cara di atas bisa menjadi langkah awal untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda. Namun ketahuilah cara terbaik untuk melawan bau badan bukan pada saat bau itu sudah muncul, melainkan melalui pencegahan dan menerapkan kebersihan tubuh yang baik. Salam.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA