Andre Minta Ahok Dicopot, PDIP: Pilih Gaduh Ada Perubahan atau Tenang Simpan Penyakit?

Hendrawan-Supratikno
Hendrawan Supratikno. (foto: detik/Tsarina Maharani)

harianpijar.com, JAKARTA – Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok dari jabatan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) lantaran dinilai telah membuat gaduh. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pun membela Ahok.

“Pilih mana, gaduh tapi ada perubahan ke arah lebih baik atau tenang namun penyakit perusahaan tersimpan rapi dalam laci? Hidup damai dalam status quo dengan segenap kebobrokan yang hanya bisa dirasakan atau bergejolak tetapi sedang mencari solusi di luar kelaziman? Ini dua sudut pandang pendekatan manajerial,” kata politikus PDIP Hendrawan Supratikno kepada awak media, Rabu, 16 September 2020.

Hendrawan Supratikno menilai sikap Ahok itu membawa semangat Pertamina menuju perubahan lebih baik. Sedangkan sikap Andre Rosiade dinilai berlawanan dengan Ahok.

Baca juga:   Yakin Dapat Tuntaskan Masalah, Honorer K2 Dukung Ahok Jadi Menteri Kabinet Jokowi

“Ahok merepresentasikan semangat revolusioner untuk memecah kebekuan. Andre ingin pendekatan evolusioner dalam kesenyapan,” sebutnya.

Hendrawan Supratikno mengatakan jika ingin perubahan lebih baik di tubuh Pertamina, dibutuhkan keberanian seperti adanya sosok Ahok. Hendrawan Supratikno juga mendukung Ahok membongkar pejabat nakal di Pertamina, tapi dirinya mengingatkan Ahok tetap menjaga sikapnya.

“Ini seperti pedal gas dan rem. Dipakai dalam kondisi-kondisi yang berbeda. Tinggal lihat ‘sikon’-nya, untuk BUMN yang penyakitnya sudah karatan, dengan sedimen pat-patgulipat yang sudah mengerak, dibutuhkan dosis keberanian mendobrak yang tinggi. Dalam bahasa Iwan Fals, ‘bongkar!’ Meski demikian, Ahok juga harus ‘tahu batas’, jangan sampai remnya blong,” ujar Hendrawan Supratikno.

Sebelumnya, Politikus Partai Gerindra yang juga anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok dari jabatan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Menurutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah membuat Pertamina gaduh.

Baca juga:   Puan Jadi Ketua DPR? Politikus PDIP: Nanti Ibu Ketum yang Sampaikan

“Menurut saya sebagai anggota DPR Komisi VI, ya, yang mitra BUMN bahwa tidak gunanya Presiden mempertahankan Pak Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komut Pertamina. Kenapa? Pertama, ya, yang bersangkutan selalu membikin gaduh,” ujar Andre Rosiade kepada awak media, Selasa, 15 September 2020.

Permintaan Andre Rosiade itu tak terlepas dari pernyataan Ahok yang membongkar aib Pertamina. Ahok menyebut direksi Pertamina punya hobi melobi menteri hingga direksi yang lebih suka berutang dan mendiamkan investor. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini