Tips-Membeli-Motor-Bekas
Ilustrasi membeli motor bekas.

harianpijar.com – Memiliki motor baru merupakan impian bagi banyak orang. Tapi sayang, mahalnya harga motor baru membuat orang ragu karena keterbatasan dana.

Salah satu solusinya adalah dengan membeli motor bekas. Namun, bagi Anda yang ingin membeli motor bekas, tampaknya harus tahu dulu tips membeli motor bekas agar tidak mudah tertipu.

Sehingga dengan kita tahu bagaimana cara tepat untuk membeli motor bekas, tentu saja kita bisa mengetahui beberapa kekurangan ataupun kelemahan motor yang akan dipilih.

Nah, agar tidak tertipu, redaksi harianpijar.com ingin menyampaikan beberapa tips untuk memilih motor bekas terbaik. Jadi jangan asal beli ya. Simak tips-tips berikut ini:

Tentukan tipe motor yang akan dibeli

Tentukan jenis motor apa yang akan dibeli. Cara ini dilakukan untuk mempermudah dalam mencari penjual yang sesuai dengan motor yang diinginkan. Bisa jenis motor sport, motor bebek, maupun matic. Jadi, sekali lagi tentukan pilihan dulu.

Pilih penjual yang Benar

Hal ini dilakukan untuk mencegah atau menghindari penjual yang nakal dan suka menipu konsumennya. Untuk mengetahui penjual yang benar, bisa dicari tahu melalui beberapa penjual motor yang sudah dikenal atau sudah terbukti dalam penjualannya tidak mengecewakan pelanggannya.

Selain itu, bisa juga dengan mencari teman yang memiliki kenalan penjual motor yang dapat dipercaya.

Cek harga pasaran motor

Baca juga:   Mitsubishi Luncurkan Generasi Terbaru Lancer di China

Ketahui harga motor di pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau mungkin bisa juga dari menu pabrikan di situs online penjual motor.

Meski sepele, langkah ini sangat perlu dilakukan. Pasalnya, setiap tipe motor memiliki harga yang berbeda-beda dan tergantung dari kondisi motornya.

Cek nomor rangka dan mesin motor

Periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB.

Apabila sama, belum tentu motor tersebut asli. Perhatikan lebih jelas apakah nomor rangka dan mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar (biasanya penjual atau penadah motor curian mengubah nomor rangka dan mesin dengan cara di ketok).

Cek kondisi fisik dan oli motor

Periksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Usahakan juga akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah parts asli.

Selanjutnya, usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukurannya tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyamarkan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.

Cek speedometer

Pastikan agar tidak ada retak atau bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut.

Baca juga:   Sambut Positif Kehadiran Mobil Esemka, Gaikindo: Kenapa Harus Dinyinyirin?

Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera Anda diganti. Tentunya akan membutuhkan anggaran tambahan lagi.

Hidupkan mesin motor

Coba hidupkan mesin motor, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1.500 rpm. Dan jangan lupa, pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.

Cek dan rasakan perpindahan gigi

Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis.

Pastikan juga tidak ada suara mendesir pada saat motor berjalan. Karena, jika terdengar suara mendesir kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.

Cek kondisi kelistrikan

Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor.

Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.

Itulah beberapa tips untuk memilih motor bekas. Jangan lupa sesuaikan harga yang ditawarkan penjual dengan kondisi motor yang akan dijual. Sebab, setiap motor tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salam.