Cara-Mengatasi-Rambut-Bercabang
Ilustrasi cara mengatasi rambut bercabang. (foto: dok. klikindomaret/blackday)

harianpijar.com – Memiliki masalah rambut bercabang tentu sangat menyebalkan. Pasalnya, ketika rusak, rambut bisa terlihat kusam bahkan terasa kering. Tapi tenang saja itu bukan akhir dunia, agar rambut senantiasa indah berkilau, berikut redaksi harianpijar sampaikan beberapa cara mengatasi rambut bercabang.

Untuk informasi, rambut bercabang bisa disebabkan karena kebiasaan mengeringkan rambut dengan hair dryer atau pengering rambut, menyisir rambut secara berlebihan, mencatok rambut, mengeriting dan meluruskan rambut dengan obat-obatan kimia, atau mewarnai rambut, baik highlight rambut maupun bleaching rambut.

Cara mengatasi rambut bercabang bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Mulai dari memperlakukan rambut dengan baik hingga perawatannya.

Adapaun cara mengatasi rambut bercabang adalah sebagai berikut:

Rutin potong ujung rambut

Lakukan secara rutin setiap 6-8 minggu. Dengan cara ini, maka rambut bercabang akan hilang dan rambut baru akan tumbuh lebih sehat dan kuat.

Jika tidak dipotong, percabangan bisa merambat lebih jauh dan menimbulkan kerusakan yang lebih buruk.

Hindari produk dari bahan kimia

Tentu saja, zat kimia dapat merusak dan melemahkan rambut seiring waktu. Karena itu, tidak disarankan untuk menggunakannya, pilihlah produk yang dibuat dengan bahan alami agar rambut tidak bercabang.

Jangan sisir rambut terlalu sering

Menyisir rambut secara berlebihan dapat merusak rambut akibat gesekan yang ditimbulkan. Selain itu, terlalu sering mengepang atau mengikat rambut secara ketat juga bisa menyebabkan kerusakan rambut.

Hindari menggunakan alat panas

Mencatok atau mengeringkan rambut dengan hair dryer terkadang menjadi kebutuhan, tetapi disarankan tidak sering.

Coba keringkan rambut dengan cara diangin-anginkan, bukan menggunakan hair dryer untuk sementara waktu. Jika harus tetap catok, jangan lupa oleskan rambut terlebih dahulu dengan serum atau minyak yang berkhasiat menutrisi rambut.

Pakai serum atau spray pelindung panas

Bahan khusus untuk melindungi rambut dari panas, dapat digunakan sebelum menggunakan alat pengering rambut atau ingin menata rambut.

Banyak minum air putih

Meminum air putih ternyata juga baik sebagai cara mengatasi rambut bercabang. Rambut yang terhidrasi dari dalam akan bertahan lebih lama terhadap polusi udara. Sehingga, rambut jadi tak mudah bercabang.

Keringkan rambut dengan handuk secara perlahan

Setelah keramas, keringkan rambut menggunakan handuk secara perlahan, atau bisa juga bungkus rambut dengan handuk hingga kering.

Pakai vitamin rambut

Memberi nutrisi untuk rambut dapat menguatkan agar tidak mudah bercabang. Gunakan vitamin-vitamin khusus rambut agar tetap sehat dan berkilau. Biasanya tersedia dalam bentuk kapsul, minyak, serum atau tonik.

Hindari paparan sinar matahari langsung

Berhati-hatilah dengan paparan sinar matahari langsung, apalagi ketika di siang hari saat matahari bersinar terik.

Cobalah untuk melindungi rambut dengan topi ketika beraktivitas di luar ruangan di siang hari. Bisa juga memakai penutup hoodie maupun hijab, bagi yang mengenakan.

Pastikan air yang digunakan bersih

Penting untuk mengetahui apakah air yang kita gunakan terbebas dari zat kimia. Contohnya, keberadaan klorin pada air bisa menyebabkan rambut menjadi sangat kering, kusut dan menyebabkan rambut bercabang.

Klorin biasanya ditemukan di kolam renang. Fungsinya untuk menjaga kolam renang dari bakteri yang berbahaya bagi manusia. Untuk menghindari kerusakan akibat klorin, selalu cuci rambut dengan air bersih dan sampo setelah berenang.

Jika memungkinkan, gunakanlah penutup rambut saat berenang untuk menghindari paparan klorin pada rambut.

Nah, Itulah beberapa cara mengatasi rambut bercabang dengan menggunakan cara yang mudah dan bisa dicoba sendiri di rumah. Semoga cara atau tips ini dapat membantu, ya. Salam.