ilustrasi-CV
Ilustrasi. (foto: google images)

harianpijar.com – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pekerjaan merupakan kewajiban yang mesti dilakukan orang dewasa. Sebab jika tidak bekerja, maka kebutuhan pokok tidak dapat terpenuhi.

Yang dalam hal ini, dapat membahayakan keberlangsungan hidup pribadi ataupun keluarga. Selain itu, status belum memperoleh pekerjaan adalah momok tersendiri yang sangat menakutkan.

Hal-hal inilah yang kemudian memotivasi orang dewasa untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Tentu dalam konteks melamar pekerjaan, banyak hal yang harus diperhatikan pelamar agar dapat diterima bekerja. Hal ini juga turut disampaikan oleh Human Resource Development (HRD) RuangHR Reza Wasilul Umam dalam diskusi live Instagram bertajuk Rahasia CV Menarik Versi HRD: “Anti Nganggur” pada Rabu, 19 Agustus 2020.

Live-ig

Menurut Reza Wasilul Umam, tiga hal yang perlu diperhatikan oleh pelamar kerja adalah Curriculum Vitae (CV), biodata, dan resume. Namun di antara ketiga poin tersebut, berkas yang paling dicermati HRD adalah CV.

Reza Wasilul Umam mengatakan CV pelamar harus mencantumkan beberapa data penting agar HRD mau melanjutkan membacanya, di antaranya sebagai berikut:

1. Foto dengan resolusi yang jelas
2. Riwayat hidup
3. Profil singkat
4. Pengalaman organisasi (yang sesuai dengan posisi yang dilamar)
5. Dua riwayat pendidikan terbaru
6. Persentase soft skills
7. Motto hidup yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Jika data pribadi yang diisi pada cv benar–menurut Reza Wasilul Umam–peluang pelamar diterima bekerja semakin tinggi. Pelamar kerja yang baru lulus kuliah pun apabila memerhatikan hal ini, bahkan dapat mengalahkan pelamar yang jauh lebih profesional.

Maka dari itu, yuk segera cek kembali CV-mu. Pastikan semua data yang kamu cantumkan benar!

*
Artikel ditulis oleh Habibah Auni
S1 Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada
https://www.instagram.com/habibah_auni/?hl=en

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar