Mardani-Ali-Sera
Mardani Ali Sera. (foto: dok. PKS)

harianpijar.com, JAKARTA – Menkopolhukam Mahfud MD mengimbau agar kepala daerah menghindari kesan mencari panggung dalam isu Corona. Terkait hal itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut para kepala daerah akan meneladani kepemimpinan pemerintah pusat dalam penanganan Virus Corona.

“Pemerintah daerah ikut pemerintah pusat. Kalau pemerintah pusat pencitraan, maka pemerintah daerah juga ikut,” ujar Mardani Ali Sera kepada awak media, Rabu, 4 Maret 2020.

Mardani Ali Sera sendiri adalah Wakil Ketua Komisi II, komisi yang membidangi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah di DPR. Menurutnya, ada hal yang menggelikan terkait tindakan pemerintah dalam penanganan kasus Corona.

“Kasus Corona ini lucu. Pak Menkes dari awal seperti menjaga tidak ada kasus Corona di Indonesia. Tapi Pak Presiden mengumumkan ada. Bahkan menunjuk jubir,” tuturnya.

Baca juga:   Terkait Ditolaknya Panglima TNI, PKS: Pemerintah AS Harus Jelaskan secara Resmi

Karena perilaku politik pemerintah pusat di isu Corona selalu diteladani pemerintah daerah, maka pemerintah daerah tidak bisa disalahkan. Mardani Ali Sera mengatakan segala sesuatu yang kurang dalam penanganan corona harus diperbaiki demi kebaikan bersama.

“Jangan salahkan pemda. Mari kita perbaiki bersama,” kata Mardani Ali Sera.

Sebelumnya, Mahfud MD sempat mengulas salah satunya kasus suspect Corona yang terjadi di Cianjur, ada satu pasien suspect Corona yang meninggal dunia, belakangan diketahui pasien tersebut meninggal bukan karena positif Corona.

Mahfud MD mengimbau agar Pemerintah Daerah untuk dapat menenangkan masyarakatnya, tak perlu buru-buru jumpa pers soal Corona yang belum jelas positif atau negatif pada kasus yang spesifik.

“Kasus di Cianjur yang saya dapat dari WhatsApp tidak tahu apakah Kepala Daerah atau bukan. Tapi menetapkan seseorang positif Corona bukan wewenang Kepala Daerah tapi petugas yang bertanggung jawab. Sejak awal saya desak Pemerintah membuat gugus tugas yang integral dengan rantai komando yang jelas, termasuk protokol menetapkan siapa sudah terinfeksi dengan prosedur yang baku,” tanggap Mardani Ali Sera.

Baca juga:   PKS Masih Tetap Akan Berada di Luar Pemerintahan

Mahfud MD meminta kepala daerah agar jangan mempolitisir isu Corona untuk mencari panggung. Dirinya juga menyindir adanya pesan-pesan yang sifatnya bertujuan politis dan bukan teknis agar disampaikan secara hati-hati, sehingga tidak terlihat seperti mendramatisir ataupun mencari panggung dan kepentingan lain di balik itu.

“Yang kedua pesannya yang sifatnya politis, bukan teknis penanganannya supaya berhati-hati memberi keterangan itu. Jangan berkesan ingin mendramatisir mencari panggung dan sebagainya,” ujar Mahfud MD di kantornya, Jakarta Pusat, kemarin. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of