Syarief-Hasan-1
Syarief Hasan. (foto: Aktual/Teuku Wildan

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Demokrat (PD) menurut rencana akan melaksanakan Kongres pada Mei 2020 mendatang. Selain itu, adanya peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang akan maju dipemilihan Ketua Umum periode mendatang dalam Kongres Partai Demokrat nantinya.

“Kalau kita berbicara kongres, kalau aturan dari kongres sebelumnya, itu dijadwalkan bulan Mei. Tetapi saya tidak tahu, mungkin saja berubah. Kalau ada permintaan dari daerah, kita lihat. Tapi sejauh ini masih sampai bulan Mei,” kata Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan saat dikonfirmasi, di Upnormal, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta, Minggu 16 Februari 2020.

Menurut Syarief, belum ada jadwal pasti kapan kongres itu akan dilaksanakan. Selain itu, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

“Ya tergantung DPD, tergantung daerah, yang memiliki hak. Kalau daerah mengusulkan begitu dan memenuhi persyaratan, mungkin kita akan pikirkan,” ujar Syarief.

Baca juga:   AHY: Diyakini Jokowi Mampu Jalin Komunikasi Atasi Konflik di Papua

Selanjutnya, ditegaskan Syarief, bahwa pencalonan ketua umum partai akan diserahkan kepada Kongres. Namun, dirinya menyebut AHY sering ke daerah karena tugasnya selaku Waketum Partai Demokrat.

“Kalau-kalau (AHY) untuk calon ketua umum, saya pikir itu tergantung dari suara di kongres, ya. Tetapi perlu saya sampaikan AHY ini kan juga salah satu wakil ketua umum. Jadi tentu salah satu tugasnya dalam melakukan konsolidasi ke seluruh Indonesia,” tegas Syarief Hasan yang juga Wakil Ketua MPR itu.

Selain itu, Syarief juga berharap bahwa konsolidasi yang dilakukan oleh putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu demi kesolidan partai. Karena itu, dirinya menyebut AHY adalah sosok pemimpin masa depan.

“Jadi mudah-mudahan, dengan konsolidasi itu, para kader bisa memahami bahwa memang di Partai Demokrat ini semakin banyak orang yang berkualitas, seperti Mas AHY. Itu kan bagus untuk menjadi pemimpin masa depan,” ucap Syarief.

Baca juga:   Soal Harun Masiku, Poltisi Demokrat: Langkah Menkumham Yasonna Laoly Bingungkan Publik

Sementara, Syarief juga tidak mengetahui apakah SBY akan menjadi ketua umum partai pada periode mendatang. Namun, dirinya berharap lahirnya pemimpin baru di tubuh partai.

“Belum tahu (kepemimpinan SBY). Kita lihat di kongres nanti. Mudah-mudahan ada leader, ada leader yang muncul lagi,” kata Syarief.

Sedangkan, Syarief mengatakan, bahwa dirinya tidak menampik isu AHY sebagai calon tunggal yang akan maju sebagai ketua umum. Selain itu, dirinya juga berharap Partai Demokrat memiliki pemimpin yang amanah.

“Mudah-mudahan ya (AHY calon tunggal). Pokoknya kita calon tunggal, apakah ada persaingan? Saya pikir sama saya saja, ya kan. Yang penting kita mendapatkan ketua umum atau pemimpin yang betul-betul diamanahkan oleh kongres,” tandas Syarief Hasan yang merupakan politisi senior Partai Demokrat itu. [elz/det]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of