Rizieq-Shihab
Rizieq Shihab. (foto: AFP/POOL/RAISAN AL FARISI)

harianpijar.com, JAKARTA – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi menegaskan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, bisa pulang ke Indonesia kapan saja.

“Kapan pun. Jika dia memilih tinggal di sana (Arab Saudi), dipersilakan. Dia juga bebas untuk meninggalkan negara kami (Arab Saudi), kapan pun,” kata Esam saat berkunjung ke kantor Media Group, di Jakarta, Rabu lalu.

Baca juga:   3 Tahun Peringati Milad Tanpa Habib Rizieq, FPI: Kami Rindu

Seperti diketahui, Rizieq Shihab pergi ke Arab Saudi sejak 26 April 2017 lalu, untuk menunaikan ibadah umrah. Namun, saat bersamaan pihak kepolisian akan memeriksa Rizieq Shihab terkait kasus baladacintarizieq.

Kemudian, pada Juni 2018, pihak kepolisian telah menghentikan penyidikan kasus tersebut. Tetapi, Rizieq Shihab tidak kunjung kembali ke Tanah Air. Bahkan, berdalih dengan sejumlah alasan bahwa dirinya tidak bisa pulang ke Indonesia.

Baca juga:   Kadiv Humas Polri: Kapolri Bertolak Ke Arab Saudi, Tak Ada Kaitan Dengan Kasus Rizieq Shihab

Selain itu, pada ulang tahun FPI ke-21, Rizieq Shihab menuding pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  meminta ke Kerajaan Arab Saudi, agar dirinya dicekal hingga pelantikan presiden pada Oktober 2019. Bahkan, pada 10 Oktober 2019 melalui video yang beredar luas, Rizieq Shihab juga menunjukkan bukti surat dua lembar yang disebutnya sebagai surat pencekalan. [elz/med]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of