Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka diyakini akan tetap setia menunggu rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), untuk maju sebagai calon Walikota Solo di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Menurut Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto, bahwa Gibran yang menjadi Bakal Calon Wali Kota Solo tersebut diminati sejumlah partai yang ikut mendukung pencalonannya pada Pilkada 2020 mendatang.

Selain itu, bahwa PDIP juga tidak mempermasalahkan ketertarikan partai lain untuk ikut mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu di Pilkada Solo.

“Kalau statemen Mas Gibran selama ini, bahwa dia mendaftarnya di PDIP sehingga dia tetap menunggu rekomendasi dari PDIP. Meski parpol-parpol lain juga mendukung. Ya tentu sebagai orang Indonesia ya kalau didukung ya pasti terima kasih,” kata Bambang saat dikonfirmasi, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 13 Februari 2020.

Baca juga:   Serahkan Mandat ke Jokowi, Taufiqulhadi Nilai Pimpinan KPK Bermaksud Permalukan Presiden

Selanjutnya, ditegaskan Bambang, berdasarkan pernyataan saat uji kelayakan dan kepatutan, bahwa putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tetap akan mendukung apapun keputusan PDIP meski tidak direkomendasikan.

“Saya kira apa yang diucapkan setelah fit and proper test itu bahwa tidak mendapat rekomendasi dari PDIP pun Mas Gibran akan mendukung dan berjuang bersama PDIP. Itu statement dia lho, bukan saya,” tegas Bambang.

Seperti diberitakan, bahwa sejumlah partai tertarik untuk mendukung Gibran Rakabuming Raka. Bahkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memerintahkan agar partainya mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu di Pemilihan Kepala Daerah di Solo, Jawa Tengah. Meskipun, hingga saat ini belum jelas Gibran akan jadi calon wali kota atau wakil wali kota.

Baca juga:   Soal RUU KPK, Busyro Sebut Presiden Main-Main dan Membodohi Publik

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, bahwa salah satu alasan Prabowo mendukung Gibran karena Gerindra berkoalisi dengan PDIP, yang kini menaungi Gibran.

“Ya kalau soal dukung mendukung ya kami juga sudah ada arahan untuk mendukung,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 11 Februari 2020 lalu.

Selanjutnya, Dasco juga menjelaskan, bahwa saat ini Partai Gerindra juga belum memutuskan secara resmi bakal mengusung Gibran dalam Pilwalkot Solo. Karena, ada sejumlah mekanisme yang harus dilewati terlebih dahulu.

“Bukan, kita juga sedang dalam proses, proses dari DPC ke DPD, DPD ke DPP. Jadi proses-proses rekomendasi pilkada itu bukan cuma hanya menunggu partai lain, tetapi kami juga sedang berproses di kami untuk sampai ke DPP, begitu,” jelasnya. [elz/sua]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of