Terkait Sebulan Caleg PDIP Harun Masiku Buron, KPK: Masyarakat Diminta Bersabar

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri. (Foto:google).

harianpijar.com, JAKARTA – Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberntasan Korupsi (KPK) Ali Fikri meminta masyarakat bersabar, terkait dengan sudah satu bulan status buron yang disandang caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku yang sedang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu, KPK juga sudah dibantu oleh Mabes Polri dan pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI yang membentuk tim khusus dalam pengejaran Harun Masiku.

“Sabar saja, nanti ketika waktunya kami sampaikan. Ditunggu saja teman-teman, kalau ada update-nya pasti disampaikan,” kata Ali Fikri, saat dikonfimrasi, di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta, Senin 10 Februari 2020.

Menurut Ali, bahwa seluruh tim yang ditugaskan memburu Harun Masiku sama sekali tidak menemukan kendala. Namun, tim tersebut masih belum memastikan keberadaan Harun Masiku hingga saat ini.

Baca juga:   Soal Revisi UU KPK, Presiden: Diharapkan DPR Punya Semangat yang Sama

“Tidak ada kendala. Itu memang terakhir kan penyidik menyebarkan informasi DPO ke seluruh Indonesia. Hari ini yang kami ketahui dari pimpinan juga memerintahkan untuk terus mencari keberadaan yang bersangkutan dan menangkapnya. Tadi sudah disampaikan kepada tim. Sementara belum ada update. Karena kan belum tahu dia ada dimana kalau ada ya langsung tangkap,” ujar Ali.

Selanjutnya, Ali juga menegaskan, bahwa pihaknya tidak dapat menyampaikan tim bergerak ke daerah mana saja dalam mengejar Harun Masiku.

Baca juga:   Terdakwa e-KTP Sugiharto Mengaku Pernah Serahkan Rp16 Miliar Ke Miryam S Haryani

“Kalau mengenai tempatnya, daerahnya di mana? Tentu kami tidak bisa sampaikan. Kami terus bergerak untuk mencari, tetapi daerahnya di mana? Kami sedang dalam posisi mencari yang bersangkutan. Kami tidak bisa menyampaikan pada rekan-rekan semua,” tegasnya.

Seperti diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan OTT terhadap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan pada Rabu 8 Januari 2020 silam. Namun, dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut Harun Masiku dinyatakan lepas dari penangkapan.

Sementara, selain Harun Masiku dan Wahyu Setiawan, KPK juga telah menetapkan mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina dan pihak swasta bernama Saeful sebagai tersangka lainnya. [elz/sua]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar