Jelang Kongres, Pengamat: Tidak Ada Catatan Kepeminpinan Mulfachri yang Dikenang di PAN

Politisi PAN Mulfachri Harahap. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas memprediksi Mulfachri Harahap dan Zulkifli Hasan akan menjadi calon kuat dalam memperebutkan kursi ketua umum pada perhelatan Kongres V PAN yang menurut rencana akan digelar pada pekan depan.

Namun, menurut Sirojudin bahwa sebagai calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahap belum memiliki kapasitas yang setara untuk menantang Zulkifli Hasan. Bahkan, tanpa dukungan pendiri PAN, Amien Rais, hampir mustahil mantan ketua Fraksi PAN itu bisa menang.

Baca juga:   Bertentangan dengan Pemerintah, NasDem Minta PAN Mundur dari Koalisi dan Kabinet

Selain itu, tidak ada catatan kepemimpinan Mulfachri Harahap yang dikenang dari partai berlambang matahari tersebut.

“Apakah dia sudah berada di posisi yang cukup untuk memimpin PAN? Saya belum melihat kapasitasnya ya,” kata Sirojudin saat dikonfirmasi, Rabu 5 Februari 2020.

Baca juga:   Diprediksi Kabinet Jokowi Tak Bertahan Lama, Pengamat: Menteri dari Parpol Paling Aman

Selanjutnya, Sirojudin juga menyoroti segi senioritas Mulfachri Harahap di PAN. Karena, senioritas yang dimaksud bukan hanya dalam konteks umur, tapi mengenai karir di partai dan jaringan eksternal yang luas.

“Kalau kita lihat saat ini, pimpinan partai politik yang tidak lebih senior, maka tokoh-tokoh yang lebih senior yang bisa mengendalikan dinamika politik di PAN,” tandas Sirojudin. [elz/rmol]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar