Jelang Kongres V PAN, Zulkifli Hasan Klaim Kantongi 60 Persen Dukungan

Zulkifli-Hasan
Zulkifli Hasan. (foto: detik/Lamhot Aritonang)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai calon ketua umum petahana yang akan maju dipemilihan ketua umum periode 2020 – 2025 pada Kongres V PAN yang akan digelar 10 – 12 Februari 2020 mendatang, mengaku telah mendapat dukungan sebesar 60 persen.

“Mayoritas (dukungan) di kita, suara kita mayoritas ya Insya Allah bisa 60 persen,” kata Wakil Ketua Umum PAN, Totok Daryanto yang berafiliasi dengan Zulkifli Hasan saat dikonfirmasi, di Jakarta, Minggu 2 Februari 2020.

Menurut Totok, dirinya belum dapat merinci berapa jumlah DPW dan DPD PAN yang mendukung Zulkifli Hasan. Namun, konsolidasi terus dilakukan jelang Kongres V agar suara untuk Zulkifli Hasan terus bertambah.

Baca juga:   Yandri Susanto: PAN Terbuka Dukung Pansus Jiwasraya

“Konsolidasi itu kan penting komitmen dari kader yang mendukung kita itu tetap solid, tidak terpengaruh oleh yang lain dan meneguhkan pendirian,” ujar Totok.

Selanjutnya, ditegaskan Totok, bahwa terkait dinamika yang terjadi jelang Kongres V PAN, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dalam demokrasi. Bahkan, pada akhirnya seluruh kader akan mendukung Ketua Umum PAN terpilih.

“Persiapannya bagus dan ya Insya Allah mayoritas mendukung Pak Zul,” tegas Totok.

Sementara diketahui, ada 590 pemilik suara yang akan memilih ketua umum, dan terdiri dari 34 DPW yang memiliki dua hak suara dan 514 DPD yang masing-masing memiliki satu hak suara.

Baca juga:   Amien Rais Nilai Jokowi Sosok yang Paham Demokrasi

Selanjutnya, ditambah tiga suara dari Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, dan Bendahara Umum PAN. Sedangkan sisanya merupakan suara dari sejumlah organisasi sayap partai berlambang matahari itu.

Sedangkan, saat ini sudah ada tiga orang yang mendeklarasikan diri sebagai calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Ketiga calon tersenut adalah, yakni calon petahana Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi PAN Mulfachri Harahap dan mantan Menteri Pan-RB Asman Abnur. [elz/rep]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar