Soal Pencopotan Ronny Sompie, Politisi Nasdem: Langkah Menkumham Yasonna Laoly Sudah Tepat

yasonna-menkumham
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly.

harianpijar.com, JAKARTA – Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Taufik Basari menyebut Keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly yang mencopot Dirjen Imigrasi, Ronny F. Sompie, dinilai sudah tepat.

Namun, pengusutan kasus eks caleg PDI Perjuangan Harun Masiku yang terpantau melintas di Bandara Soekarno-Hatta kembali ke Indonesia pada 7 Januari 2020 lalu dan pihak imigriasi menyebut 6 Januari 2020 Harun Masiku disebut masih di luar negeri, harus terus dilakukan.

“Sebagai bentuk pertanggungjawaban Kemenkumham saya rasa langkah ini sudah tepat. Tetapi tidak boleh dianggap bahwa ketika penonaktifan dilakukan maka pengusutan tidak diperlukan,” kata Taufik saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.

Baca juga:   Bantah Gatot Nurmantyo, Politikus PDIP: Pergantian Panglima TNI Hal yang Lumrah

Menurut Taufik, bahwa langkah yang dilakukan Menkumham Yasonna Laoly tersebut masih sebatas langkah awal untuk mengurai polemik Harun Masiku. Karena, Ronny juga harus dimintai keterangan soal kasus ini.

“Saya menilai ini sebagai langkah awal saja untuk kemudian tetap dilanjutkan dengan pengusutan mendalam,” ujar Taufik.

Selanjutnya, ditegaskan Taufik, meskipun Ronny sudah dicopot, namun dirinya juga harus memberikan penjelasan terkait apa yang sebenarnya terjadi dibalik cerita Harun Masiku.

Baca juga:   Hasto Kristiyanto: Jangan Buat Skenario Curang Sebelum Bisa Dibuktikan

Seperti diketahui, Harun Masiku yang saat ini berstatus buronan KPK merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap kepada eks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Selain itu, Harun Masiku diduga menyuap Wahyu Setiawan untuk menjadi anggota DPR RI mewakili PDIP lewat mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

“Pak Rony Sompie juga harus diberikan kesempatan untuk memberikan penjelasan mengenai apa yang terjadi sebenarnya,” tegas Taufik yang juga anggota Komisi III DPR RI ini. [elz/rmol]

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar