Totok Daryanto: Tempat dan Tanggal Kongres PAN Sudah Ditentukan dalam Rapat Internal

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Totok Daryanto. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) dalam rapat internal telah menentukan tempat dan tanggal pelaksanaan Kongres V PAN 2020, yaitu pada 10-12 Februari, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Tempat dan waktu kongres sudah diputuskan di internal partai, melalui mekanisme organisasional,” kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Totok Daryanto saat dihubungi di Jakarta, Minggu 26 Januari 2020.

Menurut Totok, bahwa untuk penentuan waktu kongres, sudah diputuskan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN beberapa waktu lalu.

Selain itu, dalam rakernas itu juga disebutkan bahwa Kongres V PAN dilakukan selambat-lambatnya Maret 2020, namun diputuskan untuk dilaksanakan Februari 2020, karena dinilai baik.

“Waktu kongres sudah disepakati dalam Rakernas PAN, Ketua Umum sudah keluarkan SK yang disetujui Amien Rais sebagai Ketua Dewan Kehormatan,” ujar Totok.

Selanjutnya, juga ditegaskan Totok, bahwa pemilihan tempat kongres di Kendari, Sulawesi Tenggara karena dua alasan, pertama dari sisi ekonomi nasional dan kedua sisi politik PAN.

Baca juga:   Dari Rekam Jejak Politik, Pengamat: PAN Berpeluang Masuk Koalisi Jokowi

Karena, dari sisi politik, partai berlambang matahari itu meraih suara yang memuaskan di provinsi tersebut, itu terbukti dengan keberhasilan PAN menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD Provinsi Sultra.

“Provinsi Sultra punya prestasi karena basis PAN menang di sana. PAN punya ketua DPRD provinsi karena kami menang di Sultra,” tegas Totok.

Lebih lanjut, Totok juga menjelaskan, bahwa Provinsi Sultra layak mendapatkan penghargaan dengan dijadikan lokasi Kongres V PAN karena partai tersebut berprestasi di sana.

Selain itu, Sultra memiliki potensi untuk dikembangkan seperti kota-kota besar lain di Indonesia, sehingga Kongres PAN menjadi salah satu momentum untuk mempromosikan lebih luas daerah tersebut.

“Dari sisi ekonomi nasional, Sultra perlu dikembangkan menjadi daerah seperti Medan, Makassar, Surabaya, dan Bali karena merupakan daerah strategis. Sultra punya ekonomi sangat baik dan layak mendapatkan perhatian masyarakat dan pemangku kebijakan,” jelas Totok yang juga mantan Wakil Ketua Baleg DPR RI itu.

Baca juga:   PAN: Pernyataan Jokowi Soal Menteri yang Berani Tepat

Kemudian, Totok juga membantah kalau fasilitas di Kota Kendari belum layak untuk dijadikan tempat Kongres V PAN, karena dari sisi tempat penginapan dan penerbangan ke lokasi tersebut sudah memadai.

Sementara, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Muslim Ayub mengkritik langkah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang memutuskan Kongres ke-V PAN diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Menurut Muslim, bahwa Kendari tidak representatif menjadi lokasi penyelenggaraan Kongres ke-V PAN, karena tidak memiliki jumlah hotel yang memadai untuk menampung ribuan kader PAN.

“Berapa jumlah hotel di sana, bintang lima saja hanya satu, selebihnya bintang tiga dan bintang dua, itu tidak bisa menampung ribuan kader PAN yang hadir dalam Kongres,” kata Muslim dalam pesan singkat, Kamis 23 Januari 2020 pekan lalu. [elz/ant]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar