Politisi PAN Mulfachri Harahap. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Muslim Ayub, mengkritik langkah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang memutuskan Kongres ke-V PAN diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Menurut Muslim, bahwa Kendari tidak representatif menjadi lokasi penyelenggaraan Kongres ke-V PAN, karena tidak memiliki jumlah hotel yang memadai untuk menampung ribuan kader PAN.

“Berapa jumlah hotel di sana, bintang lima saja hanya satu, selebihnya bintang tiga dan bintang dua, itu tidak bisa menampung ribuan kader PAN yang hadir dalam Kongres,” kata Muslim dalam pesan singkat, Kamis 23 Januari 2020.

Selanjutnya, juga ditegaskan Muslim, bahwa akses jalan menuju Kendari, khususnya penerbangan, sulit. Selain itu, dirinya yang berasal dari Aceh harus transit di tiga bandara agar bisa sampai di Kendari.

Karena itu, dirinya meminta agar Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengevaluasi dan tidak mempersulit langkah kader yang akan menghadiri Kongres ke-V PAN.

Baca juga:   Gerindra Disebut Mungkin Gabung Jokowi, TKN: Tergantung Kesesuaian

“Saya dapat informasi bahwa Kendari belum layak dijadikan tempat penyelenggaraan acara politik sekelas Kongres PAN,” tegas Muslim yang juga mantan anggota Komisi III DPR RI itu.

Kemudian, Muslim juga meminta agar seluruh bakal calon ketua umum PAN yang akan berkontestasi dilibatkan dalam penentuan lokasi dan waktu penyelenggaraan Kongres ke-V PAN.

Bahkan, disarankan Kongres ke-V PAN diselenggarakan di tempat yang bersifat netral alias bukan daerah asal bakal calon ketua umum PAN, seperti Lampung yang merupakan daerah asal Zulkifli, Sumatera Utara daerah asal Mulfachri atau Kepulauan Riau daerah asal Asman Abnur.

“Ada banyak lokasi lain yang bisa dijadikan lokasi kongres misalnya Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Jakarta sehingga jangan di Kendari,” ujar Muslim Uyub yang juga merupakan loyalis bakal calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahap itu.

Sementara, menurut bakal calon ketua umum PAN Mulfachri Harahap, bahwa waktu dan lokasi penyelenggaraan Kongres ke-V PAN masih sebatas rumor. Karena, belum ada penetapan terkait waktu dan lokasi penyelenggaraan acara lima tahunan PAN tersebut.

Baca juga:   PAN Berharap Surat Universitas Trisakti Terkait Pemberian Gelar Putera Reformasi ke Jokowi Palsu

“Baik tempat maupun tanggal penyelenggaraan, harus sesuai dengan aturan organisasi, belum ada ditetapkan. Menurut saya belum ada rapat yang memutuskan dan menentukan tempat penyelenggaraan kongres,” kata Mulfachri saat dikonfirmasi, di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Sedangkan sebelumnya, menurut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, bahwa Kongres ke-V PAN akan digelar di Sultra pada 12 Februari 2020 mendatang.

“Nanti kira-kira tanggal 12 Februari. Lagi dikonfirmasi tempat, hotel, segala macam. Tapi kira-kira tanggal 12 (Februari), di Sultra,” kata Zulkifli Hasan saat dikonfirmasi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 15 Januari 2020 lalu.

Seperti diketahui, bursa calon ketua umum PAN perioden 2020-2025 sendiri diperebutkan oleh incumbent Zulkifli Hasan, Drajad Wibowo, Asman Abnur yang didukung Hatta Rajasa dan Mulfachri Harahap yang didukung oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. [elz/cnn]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of