Zulkifli-Hasan
Zulkifli Hasan. (foto: detik/Lamhot Aritonang)

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno memprediksi petahana Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan masih mendominasi dukungan dari 34 DPW.

“Kalau melihat kecenderungan yang berkembang di publik petahana cukup leading mendapat dukungan dari DPW dan DPD,” kata Adi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu 22 Januari 2020.

Namun, petahana ketua umum Zulkifli Hasan yang akan kembali berlaga di kongres, belum bisa tenang karena memiliki sejumlah penantang yang terbilang cukup kuat.

Baca juga:   Waketum PAN: Posisi Politik Kami Ditentukan di Rakernas dan Komunikasi dengan Jokowi

Bahkan, sudah ada nama yang muncul dan siap bertarung di kongres, mereka yakni Asman Abnur, Drajad Wibowo dan Mulfachri Harahap. Seperti diketahui, calon ketua umum Mulfachri Harahap didukung oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Menurut Adi, Zulkifli Hasan juga tidak boleh menganggap enteng para penantang. Karena, sosok yang ada merupakan tokoh PAN yang terbilang senior.

“Ini tantangan bagi penantang, apakah bisa mempengaruhi DPW dan DPD yang memiliki hak suara atau tidak,” ujar Adi.

Baca juga:   Rakernas Gerindra, Andre Rosiade: Kita Akan Undang Ibu Megawati

Selanjutnya, dikatakan  Adi, bahwa dirinya melihat tampuk kepemimpinan PAN akan kembali digenggam Zulkifli Hasan ke depannya. Karena, modal komunikasi dengan para kader di daerah dan juga modal financial sangat mendukung.

“Yang jelas, di mana-dimana petahana itu selalu menang mudah. Karena dia membangun pola komunikasi politik yang cukup lama, bukan hanya menjelang mau pemilihan saja,” tandas Adi Prayitno. [elz/rmol]

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar