Wiranto: Wantimpres Minta Masukan dari Para Akademisi UGM

wiranto-2
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2019-2024 Wiranto. (Foto:google).

harianpijar.com, YOGYAKARTA – Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Periode 2019-2024, Wiranto meminta masukan dari para akademisi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, sebagai bahan pertimbangan untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami harus banyak bergaul, banyak bertemu, banyak belajar, banyak mendapatkan informasi dari berbagai pihak, salah satunya dari perguruan tinggi yang merupakan center of excellece bangsa, pusat keunggulan bangsa,” kata Wiranto usai melakukan pertemuan, Selasa 21 Januari 2020.

Menurut Wiranto, bahwa Wantimpres yang memiliki tugas untuk memberikan pertimbangan dan masukan kepada presiden harus memahami apa yang dipikirkan dan direncanakan presiden. Bahkan, Watimpres juga harus memiliki informasi memadai sebagai bahan masukan.

“Kami merasa tugas ini tidak ringan karena kami harus memberi pertimbangan kepada presiden sebagai kepala negara juga kepala pemerintahan yang punya tanggung jawab besar kepada 262 juta masyarakat Indonesia,” ujar Wiranto.

Baca juga:   Benarkan Sudah Serahkan Nama-Nama Calon Kapolri ke Jokowi, Mahfud MD: Semua Bintang 3

Selanjutnya, Wiranto juga menegaskan, UGM dipilih sebagai perguruan tinggi pertama yang dikunjungi Wantimpres, karena sebagai kampus pertama yang berdiri setelah kemerdekaan. Selain itu, UGM banyak menyumbangkan pemikiran serta konsep dari hasil penelitian yang akurat dan berkualitas.

“Di sinilah banyak ide-ide yang cemerlang, yang muncul. Di sinilah bisa melakukan suatu penelitian yang langsung lebih dalam lagi untuk menemukan hal-hal yang menghambat pembangunan,” tegas Wiranto.

Lebih lanjut, dijelaskan Wiranto, dari pertemuan itu banyak diperoleh masukan dari para dekan dan guru besar UGM mulai dari bidang ekonomi, pancasila, hukum, pertanian, energi, keamanan hingga penanganan terorisme yang nantinya menjadi bahan telaah untuk disampaikan kepada presiden.

“Banyak hal, tadi kalau saya boleh mencatat ada sekitar 17 masukan dan itu tidak bisa satu per satu. Intinya masukan semua itu adalah masukan yang sangat positif untuk kita lanjutkan dengan suatu diskusi yang lebih jauh lagi,” jelas Wiranto yang juga mantan Menko Polhukam ini.

Baca juga:   Eks Ketua TKN Harap Kabinet Jokowi Diisi Orang yang 'Berkeringat', Demokrat: Itu Prerogatif Presiden

Sementara, Rektor UGM Panut Mulyono menyerahkan buku putih yang berisi pemikiran dari UGM dalam berbagai bidang strategis. Selain itu, buku tersebut juga memuat ulasan tentang gagasan Bulaksumur membangun kedaulatan pangan nusantara, mewujudkan pembangunan nasional berbasis mitigasi bencana, serta bonus demografi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

“Buku ini kami serahkan kepada Pak Wiranto dan tim, silakan untuk digunakan jika ada hal-hal yang relevan di buku ini,” kata Panut Mulyono.

Diketahui, bahwa pertemuan Wantimpres dengan Rektor UGM Panut Mulyono beserta para dekan dan guru besar berlangsung di Ruang Multimedia, Gedung Pusat UGM selama lebih dua jam. Selain itu, dalam pertemuan itu Wiranto didampingi empat anggotanya yakni Habib Lutfi Bin Yahya, Sidarto Danusubroto, Agung Laksono, serta Mardiono Bakar. [elz/ant]

SUMBERAntara

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini