Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Asman Abnur. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) menurut rencana akan digelar di Provinsi Sulawesi Tenggara pada 12 Februari 2020 mendatang. Selain itu, Kongres tersebut akan mengagendakan pemilihan ketua umum periode 2020 – 2025.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Asman Abnur, dirinya optimistis akan maju dalam pemilihan ketua umum partai yang akan digelar pertengahan Februari mendatang.

Bahkan, lawan yang akan dihadapinya dalam pemilihan ketua umum adalah pejawat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap yang didukung oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

“Namanya demokrasi, prosesnya harus siap. Pilkada saja siap, pileg yang kemarin keras saja kita siap menghadapi masyarakat satu-satu,” kata Asman saat dikonfirmasi, Kamis 16 Januari 2020.

Selanjutnya, Asman juga menegaskan, bahwa dalam pencalonan sebagai ketua umum, dirinya mendapat dukungan dari sejumlah DPD. Namun, dirinya enggan menyebut jumlah DPD yang mendukungannya.

Baca juga:   Soal Reklamasi, Menko Kemaritiman Luhut Ditantang Adu Data Reklamasi Oleh Amien Rais

Selain itu, alasan maju menjadi calon ketua umum karena ingin berkontribusi untuk partai berlambang matahari tersebut. Bahkan, jika terpilih dirinya siap memberikan terobosan-terobosan baru untuk PAN di masa depan.

“Niat saya adalah memperbaiki yang belum bagus dan melanjutkan yang sudah baik, serta melakukan terobosan-terobosan baru demi kemajuan partai,” tegas Asman.

Lebih lanjut, dijelaskan Asman, bahwa terkait restu Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dirinya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Karena, pengurus DPW dan DPD lah yang memiliki suara untuk memilih Ketua Umum PAN.

“PAN memberikan kesempatan yang sama kepada semua kader untuk mencalonkan diri. Tentunya kader yang memiliki kemampuan dan visi untuk membesarkan partai,” jelas Asman yang juga mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN-RB) itu.

Sementara, menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Kongres PAN yang mengagendakan pemiihan ketua umum PAN itu, direncanakan akan digelar di Provinsi Sulawesi Tenggara pada 12 Februari 2020 mendatang.

Baca juga:   Wasekjen PAN: Walau Ada Tawaran, Prabowo-Sandi Sebaiknya Jaga Komitmen Bersama Pendukung

“Kira-kira tanggal 12 Februari. Lagi dikonfirmasi tempat, hotel segala macam. Tapi kira-kita tanggal 12, di Sulawesi Tenggara,” kata Zulkifli Hasan yang juga merupakan calon petahana dalam pemilihan ketua umum periode 2020 – 2025 mendatang.

Seperti diketahui, bahwa saat ini kandidat yang dipastikan akan maju sebagai calon ketua umum PAN periode 2020 – 2025 mendatang, yakni Zulkifli Hasan, Asman Abnur, Mulfachri Harahap, dan Drajad Wibowo.

Namun, terkait restu Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Zulkifli Hasan menyebut bahwa dukungan itu tidak akan membuat pemilihan ketua umum PAN menjadi semakin memanas.

“Kita kompetisinya sama Mulfachri, sama Asman. Ya kita berharap nanti pan itu biasa, karena memang partai yang demokratis, persaingan, tapi nanti setelah kongres biasanya kompak,” tandas Zulkifli Hasan yang juga menatan Ketua MPR RI ini. [elz/rep]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of