Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI Saan Mustofa. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Partai NasDem tetap mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) terkait kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) karena dari sisi perlindungan kepentingan masyarakat, tidak cukup hanya dalam bentuk Panitia Kerja (Panja).

“Kalau secara kecenderungan Partai NasDem, nanti akan dikomunikasikan. Namun kalau Fraksi NasDem lebih setuju kepada pembentukan Pansus karena dari sisi nilai dan perlindungan kepentingan rakyat banyak, tidak cukup hanya Panja,” kata Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI Saan Mustofa, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 15 januari 2020.

Menurut Saan, anggota Komisi VI DPR sudah memberikan banyak masukan ke F-NasDem, bahwa permasalahan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bisa dikatakan sebagai mega skandal karena dugaan kerugiannya luar biasa besar yaitu hampir Rp14 triliun.

Baca juga:   Poltisi Gerindra: Jangan Sampai Dana Jiwasraya Disalurkan Untuk Pilpres

Selain itu, yang paling penting adalah bagaimana menyelamatkan dana para nasabah dan mencari jalan keluar dari sistem Jiwasraya agar tidak berdampak terhadap asuransi-asuransi lainnya.

“Nanti sikap politiknya akan ditentukan dalam pekan ini. Apakah nanti NasDem akan mengajukan panja atau pansus, itu akan kita lihat pada pekan ini,” ujar Saan.

Selanjutnya, juga ditegaskan Saan, bahwa dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ada banyak hal seperti kejahatan korporasi karena ada dugaan tindak pidana korupsi.

Baca juga:   Soal Jiwasraya, SBY dan Anak Buah Tidak Tinggal Diam saat Dilempar 'Bola Panas' oleh Presiden Jokowi

Karena itu, harus ada perlindungan terhadap nasabah, jangan sampai masa depan nasabah itu menjadi tidak jelas, sehingga bagaimana pertanggungjawaban negara, dalam hal ini PT Asuransi Jiwasraya (Persero) terhadap nasabah.

“Tentu yang ketiga agar dari kasus ini, nanti soal kelemahan-kelemahan menyangkut sistem, apakah nanti soal regulasinya, atau menyangkut soal celah-celah yang ada di perusahaan,” tegas Saam Mustofa yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Sementara, Saan juga mengatakan, bahwa Partai Nasdem berkepentingan menjaga agar uang nasabah tidak hilang, dan nasabah mendapatkan haknya. [elz/ant]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of