Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat politik Emrus Sihombing menyebut figur Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais di internalnya partainya masih sangat kuat. Karena itu, siapapun calon ketua umum yang didukung, hampir dipastikan memenangkan pertarungan.

Menurut Emrus, bahwa tidak ada satupun kader PAN yang bisa membantah pernyataan Amien Rais. Bahkan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tidak punya kekuatan untuk melawan pendiri partai itu.

“Jadi, siapapun yang didukung Amien Rais pasti menang,” kata Emrus, di Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.

Selanjutnya, ditegaskan Emrus, hal tersebut terbukti dari setiap Kongres PAN. Dimana Amien Rais berpihak, di sana kemenangan kandidat. Termasuk kemenangan Zulkifli Hasan pada Kongres PAN IV tahun 2015 silam.

Baca juga:   Ketua Alumni 212 Juga Sebut Ada Politik Balas Dendam Ke Amien Rais

“Bagi yang meninggalkan Amien Rais, secara otomatis saya berkeyakinan kalau bahasa kasarnya kader tersebut bakal kualat,” tegasnya.

Sementara, menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin, figur Amien Rais masih sangat kuat di PAN. Bahkan, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu diyakini masih mampu menentukan kemenangan kandidat di kongres PAN nanti.

“Ingat waktu pemilihan ketum PAN lima tahun lalu. Terjadi pertarungan antara Zulhas dengan Hatta Rajasa. Dan yang menang Zulhas karena di-back up Amien Rais. Suara dan perintah Amien Rais masih diikuti oleh para kader PAN,” kata Ujang.

Baca juga:   Soal Reklamasi, Menko Kemaritiman Luhut Ditantang Adu Data Reklamasi Oleh Amien Rais

Dikatakan Ujang, bahwa dukungan Amien Rais di kongres memiliki pengaruh besar terhadap kandidat. Bahkan, siapapun kandidat yang didukung berpeluang meraih kemenangan.

“Kalau Zulhas meninggalkan Amien Rais dalam kongres nanti, kecil kemungkinannya Zulhas kembali menang,” tandas Ujang Komaruddin yang juga pengamat politik dari Universitas Al Azhar ini.

Sedangkan diketahui, Partai Amanat Nasional (PAN) rencananya akan menggelar Kongres V pada bulan Maret mendatang. Selain itu, ada tiga calon kandidat kuat, yankni calon petahana Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo. [elz/rmol]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of