Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka punya modal tersendiri yang dapat dipertimbangkan untuk maju di pemilihan walikota (Pilwakot) Solo 2020.

“Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil,” kata Hasto, usai Rapat Kerja Nasional I PDIP ditutup di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 12 Januari 2020.

Menurut Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam arahan tertutup pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I sempat menyinggung membuka peluang bagi anak muda.

Baca juga:   SBY dan Prabowo Bertemu Jokowi, PAN: Kami Akan di Luar Pemerintahan

“Ibu dalam pengarahannya juga menegaskan partai membuka diri terhadap anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai,” ujar Hasto.

Selanjutnya, Hasto juga tidak menapik kemungkinan memasangkan Gibran Rakabuming Raka dengan Achmad Purnomo sebagai calon yang disepakati oleh DPC PDIP Solo. Bahkan, pembahasan masih terus dilakukan oleh Megawati.

“Itu adalah kewenangan ibu Megawati Soekarnoputri akan disampaikan pada momentum yang tepat,” ucap Hasto.

Lebih lanjut, dijelaskan Hasto, bahwa PDI Perjuangan masih mencari sosok yang terbaik untuk maju di pemilihan walikota (Pilwakot) Solo dan Medan pada 2020, bahkan diyakininya akan menang.

Baca juga:   Yusril Sebut Belum Ada Undangan Bahas Soal Menteri

“Kami tagetkan menang 60 persen. Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail. Termasuk Solo, termasuk Medan (yakin menang),” jelas Hasto.

Sementara, dikatakan Hasto, berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP, partai berlambang banteng moncong putih itu memasang target kemenangan 60 persen di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Sedangkan, soal calon kandidat yang akan diusung PDIP di dua daerah tersebut, PDIP masih mencari putra-putri terbaik bangsa.

Namun, hal itu juga menjadi wewenang Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam memutuskan.

“Ya hal itu menjadi wewenangnya ketua umum,” tandas politikus asal Yogyakarta ini. [elz/ant]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of