Pengamat Politik: Zulkifli Hasan Paling Berpeluang Menangkan Kontestasi di Kongres PAN

Zulkifli-Hasan
Zulkifli Hasan. (foto: detik/Lamhot Aritonang)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini Zulkifli Hasan dinilai paling berpeluang memenangkan pemilihan ketua umum baru di Kongres PAN, dikarenakan mendapat dukungan mayoritas pemilik suara.

“Zulkifli Hasan paling berpeluang menang di Kongres PAN karena berhasil menggalang dukungan 30 DPW dan 300 lebih DPD. Sementara calon lain senyap dan nyaris tanpa pergerakan berarti,” kata Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno dalam diskusi di Jakarta, Jumat 10 Januari 2020.

Menurut Adi, bahwa salah satu kunci sukses Zulkifli Hasan menjaga kepercayaan pemilik suara di kongres adalah komunikasi yang intens dengan pengurus PAN di daerah.

Baca juga:   Pengamat Politik: Sebaiknya Menteri Terpilih Lepas Jabatan dari Partai Politik

Karena itu, Zulkifli Hasan sebagai petahana memiliki keunggulan karena memiliki semua sarana untuk menggalang dukungan pemilik suara.

“Petahana punya keunggulan karena memiliki semua sarana untuk menggalang dukungan namun yang paling penting adalah intensitas komunikasi. Ini yang dimiliki Zulkifli dan belum dimiliki calon lain,” ujar Adi.

Selanjutnya, Adi juga menjelaskan, bahwa Zulkifli Hasan selama lima tahun memimpin PAN berkomunikasi intens dengan pengurus daerah sementara calon lain, seperti Asman Abnur dan Dradjad Wibowo baru akhir-akhir ini terlihat turun sehingga perlu kerja ekstra keras meyakinkan pemilih yang selama lima tahun tidak disentuh.

Selain itu, dinilai demi kebesaran dan lancarnya suksesi kepemimpinan di PAN, Amien Rais idealnya justru mengayomi semua calon ketua umum bukan hanya mendukung salah satu calon.

Baca juga:   Bicara Soal Syarat Rekonsiliasi, Amien Rais: Kalau Platform Disepakati, Bagi 55-45

“Sebagai guru bangsa setidaknya bagi kader PAN, sebaiknya memang Amien Rais berdiri di atas semua calon ketua umum, bukan mendukung salah satunya,” jelas Adi.

Selain itu, menurut Adi, hal tersebut sangat penting untuk menjaga kondusifitas, keutuhan, dan soliditas internal PAN.

Bahkan, Amien Rais seharusnya tidak ditarik-tarik terlalu jauh dalam gelanggang politik elektoral seperti persaingan calon ketua umum PAN karena sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN, idealnya Amien Rais berada di luar pertarungan. [elz/ant]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar