Tempati Ruang Kerja Ketua MPR, Pengamat: Zulkifli Hasan Melanggar Etika

Zulkifli-Hasan
Zulkifli Hasan. (foto: detik/Tsarina Maharani)

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat politik dan juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menyebut sikap Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dinilai tidak memberi suri tauladan yang baik kepada rakyat.

Pasalnya, terhitung sejak tiga bulan meninggalkan posisi sebagai Ketua MPR RI periode 2014-2019, Zulkifli Hasan ternyata kini masih menempati ruang kerja ketua MPR RI. Selain itu, Ketua MPR RI saat ini, Bambang Soesatyo menempati ruang kerja mantan Wakil Ketua MPR dari unsur DPD, Oesman Sapta Odang (OSO).

“Belum berubah. Pak Zulhas masih di tempat yang dulu (saat menjabat Ketua MPR),” kata salah satu petugas yang tidak mau disebutkan namanya, di lantai 5 Nusantara III, Rabu 1 Januari 2020.

Baca juga:   Pengamat Nilai Pendukung Prabowo Pasti Kecewa jika Gerindra Gabung Jokowi

Menurut Ujang, sikap Zulkifli Hasan ini juga mencerminkan tidak adanya itikad baik untuk mengembalikan fasilitasnya masing-masing.

Bahkan, ketika mereka sudah dilantik dalam jabatan baru, di hari itu pula mereka harus mengembalikan fasilitas sebelumnya dan mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan haknya. Dengan dasar itu, dirinya menilai sikap Zulkifli Hasan ini telah melanggar etika.

“Secara etika mereka melanggar kepatutan. Karena mereka menggunakan fasilitas yang bukan haknya,” ujar Ujang.

Selanjutnya, juga dijelaskan Ujang, bahwa Ketua Umum PAN periode 2014-2019 itu juga masih menempati rumah dinas Ketua MPR di Widya Chandra IV nomor 16, Jakarta Selatan. Meski tidak ada yang dilanggar, namun Zulkifli Hasan dianggap bermasalah secara moral.

Baca juga:   Pengamat: Jika Tak Buat Gebrakan Politik, Demokrat Akan Semakin Terlupakan

“Tidak melanggar aturan. Tapi secara etika bermasalah,” jelas Ujang Komarudin.

Sementara, Ujang juga mengatakan, hal ini juga menjadi ironi di tengah elite bangsa yang sedang mempertontonkan keteladanan kepada masyarakat.

“Saat ini kita memang sedang dipertontonkan dengan miskinnya keteladanan dari para elite. Elite berbuat seenaknya dan tak memberi suri tauladan yang baik pada rakyat,” tandas Ujang saat dikonfirmasi, Kamis 2 Januari 2020. [elz/rmol]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar