Mahfud MD Puji Anggota Dewas KPK yang Ditunjuk Presiden Jokowi

menko-polhukam-mahfud-md
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memuji anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, diharapkan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru dilantik akan memberikan efek kejut.

“Bagus-bagus. Jadi saya kemarin kan bilang, akan wow. Bahwa Dewas yang dilantik oleh Presiden akan memberikan efek kejut dan itu bagus kan,” kata Mahfud MD saat dikonfirmasi, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019.

Menurut Mahfud, bahwa Ketua Dewas KPK periode 2019-2023 Tumpak Hatorangan Panggabean merupakan angkatan pertama pimpinan KPK, yang membuat kinerja KPK sangat bagus. Selain itu, Artidjo Alkostar, Albertina Ho, Harjono dan Syamsuddin Haris memiliki track record yang bagus dan bersih.

Baca juga:   Soal e-Government, Wiranto: Ini Terobosan Bagus Harus Ditularkan

“Itu yang saya katakan akan ada kejutan. Itu membuktikan bahwa pemerintah, terutama Pak Jokowi memang ingin pemberantasan korupsi itu lebih baik,” ujar Mahfud MD.

Mahfud juga menegaskan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika harus memutuskan sesuatu, berbagi wewenang dengan DPR dan harus kompromi dengan DPR.

“Seperti, penentuan komisioner KPK kompromi, RUU kan kompromi, karena wewenang itu kan dibagi dua secara politik. Tetapi ketika Pak Jokowi memilih sendiri seperti Dewas KPK, ini kan efeknya luar biasa bagus. Efek wow-nya itu ada. Ketika membentuk kabinet, dewan pengawas, kan kelihatan sekali kalau ingin baik. Mari kita dukung sekarang,” tegas Mahfud Md yang juga mantan ketua Mahkamah Konstitusi¬† (MK) ini.

Baca juga:   Bertemu Dubes China, Mahfud MD: Jika ada Nelayan Masuk ZEE Indonesia, Kami Usir

Sementara sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pengucapan sumpah lima orang anggota Dewan Pengawas KPK 2019-2023, yakni Syamsuddin Haris, Artidjo Alkostar, Albertina Ho, Harjono dan Tumpak Hatorangan Panggabean di Istana Negara.

Selain itu, pengucapan sumpah itu juga dihadiri oleh para menteri Kabinet Indonesia Maju, empat orang Komisioner KPK 2015-2019, lima orang Komisoner KPK 2019-2023, mantan panitia seleksi komisioner KPK, dan para pejabat terkait lainnya.

Kelimanya ditetapkan sebagai Dewas KPK berdasarkan Keputusan Presiden No. 140/P tahun 2019 tentang pengangkatan keanggotaan Dewan Pengawas KPK 2019-2023 tanggal 19 Desember 2019. [elz/rep]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar