Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka. (Foto:Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai nama besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi magnet bagi putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka yang berencana mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Solo.

Menurut Pangi, Gibran Rakabuming Raka mengikuti jejak ayaknya, maju di kancah perpolitikan dengan mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Solo. Selain itu, Gibran berencana mendaftarkan dirinya pada hari terakhir pendaftaran Pilkada 2020.

Selanjutnya, Pangi juga menjelaskan, bahwa kondisi yang sama juga berlaku bagi menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution yang juga mencalonkan diri sebagai Wali Kota Medan.

“Nama besar presiden Jokowi bisa menjadi gaya magnet elektoral tersendiri yang memuluskan langkah Gibran dan Bobby Nasution menjadi kepala daerah,” jelas Pangi dalam pesan tertulis, Sabtu 7 Desember 2019.

Baca juga:   Mahasiswa Ancam Kembali Demo, Jika Presiden Tidak Terbitkan Perppu KPK

Lebih lanjut, ditegaskan Pangi, sejauh ini citra Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bagus di masyarakat. Sehingga hal ini pun menurutnya menjadi point tambahan bagi Gibran maupun Bobby.

Apalagi, pemilih rasional di Indonesia masih sedikit jumlahnya bila dibandingkan dengan pemilih sosiologis. Sehingga commonsense tidak terlalu besar efeknya ketimbang faktor lainnya.

“Perilaku pemilih kita selama ini masih sangat bergantung kepada tokoh sentral dan pengaruh figur tertentu, endorse Pak Jokowi sangat membantu Gibran menjadi kepala daerah Solo,” tegasnya.

Baca juga:   Presiden Jokowi Beri Arahan Tegas ke Panglima TNI dan Kapolri Soal Karhutla

Sementara sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka dipastikan akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo lewat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng), Kamis 12 Desember 2019 mendatang.

Menurut Relawan Kancane Gibran Gaes (Kagege) Antonius Yogo Prabowo, dia bersama 28 organisasi pendukung Gibran lainnya akan mengawal proses pendafataran Gibran tersebut ke DPD PDI Perjuangan.

“Kami akan memastikan seluruh syarat administratif yang disyaratkan telah dilengkapi. Kemarin kita koordinasi akan mendaftar di DPD Jawa Tengah Semarang di hari terakhir atau tanggal 12 Desember 2019. Persiapan administrasi yang dibutuhkan mas Gibran sudah siap. Kami akan ikut ke sana (Semarang),” kata Antonius. [elz/rep]

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar