Bara Hasibuan: Diminta Para Kader PAN Independen dan Lepas Pengaruh dari Satu Orang

Bara-Hasibuan
Bara Hasibuan. (foto: era/Mery)

harianpijar.com, JAKARTA – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menyebut tantangan partainya kedepan adalah agar para kader PAN  bisa bersikap independen dan tidak melulu terpengaruh dari satu orang.

Menurut Bara, bahwa gelaran Kongres yang akan diselenggarakan pada 2020 menjadi sebuah kesempatan penting untuk menentukan masa depan partai ke depannya.

“Contoh utamanya adalah bagaimana kita membawa PAN lebih independen, tidak dipakai sebagai kendaraan politik atau kendaraan salah satu keluarga saja,” kata Bara saat dikonfirmasi, di Hotel Millenium, Jakarta, Sabtu 7 Desember 2019.

Baca juga:   Respon Pernyataan Lulung Soal Rizieq Shihab, Moeldoko: Apa yang Direkonsiliasi

Lebih lanjut, Bara menegaskan, jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, PAN justru tidak akan berkembang apalagi ketika membicarakan perolehan suara dan tidak akan ada peningkatan.

“Hanya stuck di perolehan suara 6 sampai 7 persen pada setiap pemilu. Itu adalah tantangan utama dari PAN,” tegas Bara.

Bara juga menjelaskan, bahwa dengan adanya dominasi dari satu tokoh tersebut, justru membuat ketua umum tidak bisa memegang wewenangnya secara penuh, termasuk dalam mengambil kebijakak strategis partai.

Baca juga:   Sepuluh Bulan di Luar Pemerintahan, PAN Akui 'Sesak Napas'

Selain itu, dirinya juga tidak menampik apabila pada bursa calon ketua umum terpisah menjadi dua kubu yakni kubu independen dan kubu yang terpengaruh dengan satu orang yang dimaksud. Begitu juga dengan kandidat-kandidat yang menurutnya bisa menjadi ketum PAN independen. Bara hanya menyebut dua nama saja.

“Ya dari bang Zul (Zulkifli Hasan) sendiri, bang Asman Abnur, itu mereka yang punya komitmen,” jelas Bara Hasibuan. [elz/sua]

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar