Zulkifli-Hasan
Zulkifli Hasan. (foto: detik/Tsarina Maharani)

harianpijar.com, JAKARTA – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Putra Jaya Husin menyebut tiga tokoh senior Partai Amanat Nasional (PAN) yakni Amien Rais, Soetrisno Bachir dan Hatta Rajasa, menginginkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk diganti.

Menurut Putra, dirinya berkomunikasi dengan tiga tokoh tersebut, baik secara langsung maupun lewat telepon.

“Mereka minta ada perubahan kepemimpinan, confirmed ya, one hundred percent. Karena saya bicara langsung, bukan katanya katanya,” kata Putra saat ditemui di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019 baru lalu.

Putra juga menegaskan, bahwa saat ini sejumlah nama disebut-sebut berniat maju sebagai calon Ketua Umum PAN. Mereka yang berniat maju sebagai calon ketua umum diantaranya ialah Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, Drajad Wibowo, dan Bima Arya.

Namun, Putra enggan mengaku ke mana arah dukungan para tokoh senior Partai Amanat Nasiona (PAN) tersebut.

Baca juga:   Amien Rais Nilai Jokowi Sosok yang Paham Demokrasi

“Sebetulnya dalam hati masing-masing sudah ada, tapi saya enggak boleh buka,” tegas Putra.

Selanjutnya, Putra juga menjelaskan, bahwa salah satu alasan agar terjadi pergantian kepimpinan ialah turunnya perolehan suara dan kursi PAN di pemilihan legislatif 2019.

Sementara diketahui, di Pemilu 2014, Partai Amanat Nasional (PAN) mendapat 7,59 persen suara, dengan jumlah kursi di DPR sebanyak 49. Namun, pada Pemilu 2019 PAN hanya memperoleh 6,84 persen suara, dengan jumlah kursi di DPR sebanyak 44.

Karena itu, dikatakan Putra, seharusnya Zulkifli Hasan besar hati untuk tidak maju lagi dalam pencalonan sebagai ketua umum.

“Harusnya legawa untuk tidak maju lagi. Dulu saja 2014 Pak Hatta suara naik, tapi dia minta satu periode saja,” ujar Putra yang juga mantan Sekretaris Dewan Kehormatan PAN ini.

Sementara sebelumnya, Zulkifli Hasan mengklaim didorong oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN agar kembali maju sebagai calon ketua umum. Sedangkan, Mulfachri Harahap juga sudah menyatakan niatnya mencalonkan diri.

Baca juga:   Bara Hasibuan: Banyak DPW yang Setuju PAN Gabung Pemerintah

Selain itu, Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rakernas untuk membahas agenda Kongres pada Sabtu, 7 Desember 2019 kemarin. Menurut rencana Rakernas yang berlangsung di Hotel Millenium, Jakarta Pusat akan mulai pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan pantauan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais terlihat hadir di Hotel Sultan pada Jumat sore.

Selanjutnya, Amien Rais meninggalkan lokasi sekitar pukul 16.04 WIB. Amien tampak didampingi oleh Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap dan Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Daulay.

Selain itu, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu juga belum dapat memberikan komentar.

“Nanti, nanti. Mulai aja belum. Belum dukung-dukung,” kata Amien Rais saat ditanya ihwal rakernas PAN dan siapa yang bakal didukungnya menjadi ketua umum. [elz/temp]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of