Novel-Bamukmin
Novel Bamukmin. (foto: Antara)

harianpijar.com, JAKARTA – Sekjen Koordinator Bela Islam (Korlabi) Novel Bamukmin sependapat dengan peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) Rocky Gerung yang menduga Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak paham dengan Pancasila.

Menurut Novel, Presiden Joko Widodo (Jokowi) seakan-akan tidak paham dengan maksud dari sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa.

“Saya duga di sini Jokowi sangat gagal paham dengan sila pertama karena negara ini sudah darurat penistaan agama,” kata Novel Bamukmin saat dikonfirmasi, Kamis 5 Desember 2019.

Baca juga:   Presiden Jokowi Dituding Lepas Tanggung Jawab Terkait Kasus Novel Baswedan

Selanjutnya, Novel juga menjelaskan soal rencana pelaporan yang hendak dilakukan sejumlah orang terhadap Rocky Gerung, hal itu sah-sah saja. Namun, akan menjadi masalah ketika laporan itu ditindaklanjuti dan diproses hingga persidangan.

“Sangkaan sangat lemah dan itu bentuk kritik yang wajar. Antara paham dan tidak paham juga harus dibuktikan oleh Jokowi itu sendiri, karena tuduhan itu mendasar dan didasarkan dari hasil pengaplikasian Jokowi terhadap Pancasila di lapangan sangat jauh dari apa yang dipahami selama ini,” jelas Novel.

Baca juga:   Moeldoko: Ada Pihak yang Ingin Jegal Pelantikan Presiden

Sementara, Novel yang juga Ketua Media Center PA 212 ini juga mengaku curiga dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait paham tidaknya dengan Pancasila.

“Jangan-jangan Jokowi benar-benar tidak paham Pancasila, kan jadi repot bangsa ini,” tandas Novel Bamukmin.[elz/jpnn]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of