Moeldoko
Moeldoko. (foto: detik/Andhika Prasetia)

harianpijar.com, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut kacamata peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) Rocky Gerung buram terkait ucapannya yang menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak paham nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, Rocky Gerung juga tidak tepat mengaitkan Pancasila dengan keputusan menaikkan iuran BPJS Kesehatan.

“Saya pikir itu cara menilainya itu, kacamatanya buram,” kata Moeldoko saat dikonfirmasi, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Menurut Moeldoko, Rocky Gerung salah menilai Jokowi tidak paham Pancasila. Karena, Jokowi sendiri baru saja memberikan pengarahan dalam Internalisasi dan Pembumian Pancasila, di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Baca juga:   Soal Bertambah atau Tidaknya Koalisi, Arsul: PPP Serahkan Keputusan ke Jokowi

“Internalisasi pancasila itu sudah kelas yang paling tinggi. Jadi kemarin beliau sudah mengajarkan internalisasi Pancasila itu sudah kelas yang paling tinggi,” ujar Moeldoko.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku tidak tertarik dengan ucapan yang dilontarkan Rocky Gerung.

“Saya nggak pernah tertarik omongannya Rocky Gerung. Enggak tahu saya,” kata Machfud MD.

Namun, Machfud MD saat disinggung apakah pernyataan Rocky Gerung itu masuk unsur penghinaan kepada kepala negara, dirinya tidak menjawab. Bahkan, Mahcfud MD menyebut PDI-Perjuangan telah bersikap atas pernyataan Rocky Gerung tersebut.

Baca juga:   Pesan Puan Maharani untuk Para Menteri Kabinet Indonesia Maju

Seperti sebelumnya, dalam acara ILC TvOne, Rocky Gerung mengatakan tidak ada yang Pancasilais. Bahkan, menurut Rocky Gerung bahwa Jokowi juga tidak memahami nilai-nilai Pancasila, namun hanya menghapal lima sila dasar negara tersebut.

“Jadi sekali lagi, paham Pancasila atau Presiden enggak ngerti Pancasila, dia hapal tapi enggak paham. Kalau dia paham dia enggak berutang, kalau dia paham dia enggak naikin BPJS, kalau dia paham dia enggak melanggar UU Lingkungan,” kata Rocky Gerung. [elz/cnn]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of