Pengamat Politik : Ketua Umum Parpol 2 Periode Akan Jadi Tren Pada 2020

Pangi-Syarwi-Chaniago
Pangi Syarwi Chaniago.

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat politik dan juga Direktur Eksekutif Voxpol Centre Pangi Syarwi Chaniago menyebut sejumlah partai politik akan melangsungkan pemilihan ketua umumnya pada 2020.

Selain itu, proses pemilihan ini tampaknya akan dihiasi tren petahana masih lanjutkan kepemimpinannya, seperti Partai Golkar, NasDem, PDIP, Demokrat, dan Partai Gerindra.

Bahkan, diprediksi hal tersebut juga akan terjadi di PAN, PKS, dan PPP, yang notabene partai-partai dengan sistem kaderisasi yang baik.

Baca juga:   Pengamat Politik: PAN Dinilai Sulit Jadi Oposisi

“Tren hari ini ketua umum partai dua periode, memang ini juga dialami hampir semua partai,” kata Pangi saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa 3 Desember 2019.

Menurut Pangi, bahwa tren tersebut, diiringi dengan fenomena aklamasi. Seperti Partai Golkar yang dua hari ini sedang melangsungkan Musyawara Nasional (Munas). Bahkan, kemungkinan besar akan mengaklamasi Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum.

Baca juga:   Ace: Tidak Ada yang Seret Presiden Jokowi Dalam Perebutan Kursi Ketua Umum Golkar

Selanjutnya, dikatakan Pangi, jika itu terjadi maka disimpulkan fenomena aklamasi dan ketua umum parpol dua periode akan menjadi tren di parpol lainnya.

“Tidak mau terjadi pertukaran elite secara reguler. Dan mereka ‘4L’, ‘lu lagi, lu lagi’ aja,” tandas Pangi. [elz/rmol]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar