PAN Akan Gelar Kongres, Analis Politik: Jika Melihat Yang Sudah-sudah, Zulkifli Hasan Selesai

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. (Foto;Google).

harianpijar.com, JAKARTA – Analis politik dari Voxpol Center Reseach and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyebut Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Kongres pada awal tahun depan untuk memilih Ketua Umum periode 2020 – 2025.

Menurut Pangi, bahwa terkait hal tersebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan masih memiliki peluang kembali untuk menjeadi ketua umum. Pasalnya, Zulkifli Hasan yang juga merupakan Wakil Ketua MPR itu mengklaim sudah didukung 28 DPW. Selain itu, di dalam AD/ART partai, tidak ada larangan ketua umum menjabat dua periode.

Namun, melihat sebelumnya tidak ada ketua umum yang menjabat dua periode di Partai Amanat Nasional (PAN). Contohnya, Amien Rais, Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa hanya menjabat ketua umum satu periode.

Baca juga:   Namanya Terseret Kasus Korupsi, Soetrisno Bachir Pastikan Tak Akan Mengambil Langkah Hukum

“Kalau kita melihat yang sudah-sudah, Zulhas sudah selesai,” kata Pangi kepada media, di Jakarta, Kamis 28 November 2019.

Pangi juga menilai, bahwa ketua umum PAN Zulkifli Hasan juga tidak berhasil menaikkan perolehan kursi di DPR RI. Bahkan, dari 48 kursi pada Pemilu 2014, menurun menjadi 44 kursi hasil Pemilu 2019. Selain itu, di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan Partai Amanat Nasional (PAN) juga terkesan mau merapat ke pemerintahan.

Hal tersebut, sangat bertolak belakang dengan sikap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang menginginkan partai berlambang matahari itu berada di luar pemerintahan.

Bahkan, Amien Rais sendiri sepertinya ingin ketua umum mendatang harus bisa menjadi check and balance bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak main dua kaki. Karena, bisa menaikkan elektabilitas partai pada pemilu mendatang.

Baca juga:   Ucapkan Selamat HUT ke PAN, Jokowi Singgung Banyak Orang Terusik Saat Perubahan Dilakukan

“Kalau melihat selera Amien, kayaknya peluang Zulkifli Hasan tipis. Amien Rais itu masih salah satu faktor penentu. Dia masih punya bargaining yang kuat di PAN,” ujar Pangi.

Sementara, saat ini yang digadang gadang ada lima calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), yakni Zulkifli Hasan (calon petahana), Dradjad Wibowo (Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN), Mulfachri Harahap (Wakil Ketua Umum PAN), Asman Abnur (mantan Menteri PAN-RB) dan Bima Arya (Walikota Bogor).

Sedangkan, Hanafi Rais (Ketua Fraksi PAN di DPR) digadang-gadang menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen). [elz/rmol].

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar