Terkait Pencekalan Rizieq Shihab, Ronny: Imigrasi Belum Koordinasi Dengan FPI

Ronny-F-Sompie
Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny F Sompie. (foto: detik/Bil Wahid)

harianpijar.com, JAKARTA – Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie mengatakan belum melakukan komunikasi ataupun dihubungi oleh pihak Front Pembela Islam (FPI), terkait dugaan pencekalan pimpinannya Rizieq Shihab.

Menurut Ronny, pihak Rizieq Shihab belum melakukan klarifikasi dengan pihak Imigrasi tentang surat pencekalan tersebut.

“Sampai sejauh ini belum ada kami koordinasi atau komunikasi dengan tim Habib Rizieq yang ada di Indonesia,” kata Ronny di Hotel Shangri-La , Jakarta, Selasa 12 November 2019 kemarin.

Ditegaskan Ronny, pihaknya juga belum pernah melihat secara langsung wujud surat cekal yang dipamerkan Rizieq Shihab lewat videonya.

Baca juga:   Tanggapi FPI Soal Islamofobia, Begini Kata Politikus NasDem

“Kami belum pernah lihat surat yang ditunjukkan kecuali di media sosial itu,” tegas Ronny.

Sementara sebelumnya, Ronny menyebut pemerintah Indonesia tidak bisa melarang pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab untuk kembali ke Indonesia.

“Tidak bisa (Indonesia minta ke Arab Saudi). Karena Pasal 14 Undang-undang 6 nomor 2011. Pemerintah justru harus melindungi warga negaranya, jadi tidak boleh pemerintah menolak masuk warga negaranya kembali ke Indonesia, itu bagian dari perlindungan dan hak asasi bagi WNI untuk masuk,” ujar Ronny.

Baca juga:   Kapolresta Bandara Soetta Bantah Terbitkan Surat Perintah Pengamanan Kepulangan Rizieq Shihab

Ronny juga menjelaskan, dalam Pasal 14 disebutkan jika setiap warga negara Indonesia tidak dapat ditolak masuk Wilayah Indonesia.

Namun, menurut Rizieq Shihab dirinya dicekal tidak bisa kembali ke Indonesia. Bahkan, tidak bisa pulang ke tanah air bukan karena over stay atau masalah administrasi serta hukum yang menjeratnya. Melainkan dicekal oleh pemerintah Indonesia.

Kemudian, melalui videonya pimpinan Front Pembela Islam itu membeberkan surat pencekalan dari pihak pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi. [elz/rmol]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar