Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di HUT ke-55 Partai Golkar. (Foto:Google)

harianpijar.com, JAKARTA  – Pujian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam sambutan di acara HUT Golkar bisa jadi merupakan ungkapan majas atau politik pasemon. Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin, Partai Golkar akan semakin matang karena ketuanya top.

“Jadi tidak bisa kita simpulkan bahwa pujian Pak Jokowi tersebut adalah sinyal Airlangga Hartato menjadi ketua umum Partai Golkar lagi dalam Musyawarah Nasional (Munas) besok,” kata  Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, Kamis 7 November 2019.

Menurut Pangi, bisa saja apa yang diucapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah benar-benar pujian, tapi bisa juga dimaknai dengan pesan yang lain. Bahkan, dalam komunikasi politik ada pesan politik dan makna politik. Karena itu, apa yang disampaikan bisa punya efek yang berbeda beda.

Baca juga:   Terkait Pemindahan Ibu Kota, Mardani PKS: Pemerintah Harus Segera Ajukan 6 Undang-Undang

Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kadang-kadang banyak mengunakan bahasa Jawa dengan pola majas bahasa politik pasemon. Tentunya, bersayap-sayap, banyak sindiran, dan makna yang sulit dibaca.

“Bahkan memberikan pesan sebaliknya bahwa Pak Airlangga sudah kehilangan dukungan Pak Jokowi,” ujar Pangi.

Ditegaskan Pangi, dalam politik yang seperti itu, orang yang dipuji, yang dipangku, justru yang dimatikan politiknya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi semua kemungkinan. Apalagi kalau kita bicara majas atau diksi yang bisa memanculkan banyak pesan dan makna yang tersembunyi di balik pujian tersebut,” tegas Pangi.

Baca juga:   Pertemuan Ketum PDIP-Ketum Gerindra, Pengamat Nilai Megawati Coba Buat Kekuatan Baru

Sementara sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri di HUT Golkar dan menyampaikan sejumlah pesan. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyebut, Partai Golkar memiliki pengaruh besar ke pemerintahan.

Bahkan, adanya gejolak di Partai Golkar juga dapat berpengaruh ke pemerintahan. Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Partai Golkar ke 55 tahun.

“Dan saya yakin Golkar akan semakin matang, dan saya yakin Golkar ke depan akan terus melejit, karena ketuanya top,” kata Presiden Joko Wdodo (Jokowi). [elz/rep]

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of