Prabowo-Subianto
Prabowo Subianto. (foto: Antara Foto)

harianpijar.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku telah mendapat instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengadaan alat-alat pertahanan. Presiden Jokowi, menurutnya, meminta agar alutsista dibuat di dalam negeri.

“Presiden juga sudah memberi instruksi sedapat mungkin alat-alat kita dibangun di dalam negeri,” ujar Prabowo Subianto seusai mengunjungi kantor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, di Jakarta, seperti dikutip Antara via detik, Kamis, 7 November 2019.

Prabowo Subianto sebelumnya melakukan kunjungan ke PT Pindad. Dirinya juga sempat menjajal kendaraan taktis (rantis) Komodo hingga memegang senjata yang diproduksi PT Pindad.

Baca juga:   Bantah Sri Bintang Pamungkas, Polisi: Surat Panggilan Sudah Dikirimkan

“Pada kunjungan ini, Menhan berkesempatan menjajal Kendaraan Taktis (Rantis) produksi PT Pindad yakni Rantis Komodo,” tulis akun Instagram resmi Kementerian Pertahanan RI, @kemhanri, Rabu, 6 November 2019.

Sementara itu, mengenai produksi alutsista di dalam negeri, Presiden Jokowi sempat menyampaikan langsung dalam rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Saat itu, Jokowi meminta agar belanja di bidang pertahanan diarahkan untuk memacu industri. Dirinya tidak ingin produk-produk pertahanan impor semua.

Baca juga:   SBY: Akan Sangat Baik dan Mulia Jika Jokowi-Prabowo Bertemu

“Di sektor pertahanan kita harus betul-betul memanfaatkan belanja di bidang pertahanan untuk terutama memacu industrialisasi industri-industri strategis di dalam negeri,” ucap Jokowi.

“Juga untuk memenuhi minimum essential force yang sudah kita targetkan. Sedapat mungkin jangan sampai kita impor semuanya tetapi harus di anggaran yang ada harus dimanfaatkan untuk pengembangan industri strategis dari hulu sampai ke hilir,” tambahnya. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of