Masinton: Presiden Ambil Langkah Tepat Tidak Terbitkan Perppu KPK

Masinton-Pasaribu
Masinton Pasaribu. (foto: dok. Media Indonesia)

harianpijar.com, JAKARTA – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengambil langkah yang tepat dengan tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan UU Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

“Sikap Presiden sudah tepat dengan tidak menerbitkan Perppu terhadap UU No. 30 Tahun 2002 yang telah direvisi menjadi UU No. 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi,” kata Masinton di Jakarta, Sabtu 2 November 2019.

Menurut Masinton, dirinya mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menghormati sistem ketatanegaraan dan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga:   Hinca: Demokrat Instruksikan Kader Tidak Komentari Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

Selain itu, Masinton juga mengatakan, semua pihak harus menghormati proses konstitusional yang sedang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Biarkan hakim-hakim konstitusi di MK berkhidmat dalam pelaksanaan tugas dan kewenangannya memproses dan memutus gugatan atau uji materi yang dilakukan warga negara terhadap revisi UU KPK, tanpa ada tekanan dari pihak manapun, termasuk oleh KPK yang bertugas menjalankan Undang-undang,” ujar Masinton.

Sementara sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan menerbitkan Perppu untuk mencabut UU KPK. Karena, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beralasan menghormati proses uji materi UU KPK yang tengah berjalan di Mahkamah Konsitusi (MK).

Baca juga:   Revisi UU KPK Dinilai Merupakan Simbol Kegagalan Presiden dan DPR

“Kita melihat, masih ada proses uji materi di MK. Kita harus hargai proses seperti itu,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 1 November 2019 kemarin.

“Jangan ada uji materi ditimpa dengan keputusan yang lain. Saya kira, kita harus tahu sopan santun dalam ketatanegaraan,” lanjut Presiden Joko Widodo (Jokowi). [elz/komp]

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar