Cara Pandangnya Berubah, Ahmad Basarah: Amien Rais Restui Prabowo Jadi Menhan

Ahmad-Basarah
Ahmad Basarah. (foto: detik/Nur Indah Fatmawati)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengucapkan terima kasih atas kebesaran hati Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang merestui Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan RI.

“Saat ini Pak Amien Rais menunjukan perubahan cara pandang orientasi dan sikap terhadap Pemerintahan Joko Widodo, terutama dengan masuknya Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju, tentu kita menyampaikan ucapan terima kasih terhadap pikiran dan sikap Pak Amien Rais yang sekarang mendukung pemerintahan Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin,” kata Ahmad Basarah saat dikonfirmasi, Senin, 28 Oktober 2019.

Selain itu, Ahmad Basarah juga berharap dukungan Amien Rais terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Tentu kita berharap dukungan tersebut adalah dukungan yang bersifat konstruktif,” ucapnya.

Menurut Ahmad Basarah, jabatan yang diemban Prabowo Subianto yakni strategis. Karena, Menteri Pertahanan (Menhan) termasuk dalam Trium Virat bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Luar Negeri, yakni menteri yang berhak mengisi kekosongan kepemimpinan jika presiden dan wakil presiden tidak dapat menjalankan pemerintahan.

Baca juga:   Presiden PKS: Demokrasi Indonesia Putar Haluan ke Arah Otoritarianisme

“Dalam konstitusi kita dikatakan jika presiden kita berhalangan tetap, maka penggantinya untuk sementara adalah Trium virat yang dijabat yang diwakili oleh menteri pertahanan, luar negeri, dan dalam negeri. Jadi dari sisi itu, memang posisi menteri pertahanan adalah posisi strategis meskipun semua menteri dan kementerian di dalam struktur kabinet kita adalah sama-sama strategisnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” ujar Ahmad Basarah.

Selanjutnya, Ahmad Basarah sependapat dengan Amien Rais yang mengatakan para menteri perlu diberi kesempatan dan waktu untuk bekerja. Karena itu, statement Amien Rais itu, merupakan suatu apresiasi terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca juga:   Said Aqil Setuju Jokowi Pilih Jaksa Agung dari Nonparpol

“Oh iya tentu (sependapat) itulah pernyataan yang bagi kami, apa namanya, mendapatkan apresiasi atas perubahan sikap Amien Rais terhadap pemerintahan Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin,” tukas Ahmad Basarah.

Seperti diketahui, orang pertama yang ditemui Prabowo Subianto setelah menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) adalah Amien Rais. Selain itu, Amien Rais yang selama ini mengkritik pemerintahan Jokowi, ternyata memberikan restu penuh kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Kemudian, banyak pihak memprediksi Amien Rais akan bersikap keras soal keputusan Prabowo Subianto jadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Namun, sebaliknya justru Amien Rais menyebut kursi Menteri Pertahanan (Menhan) adalah jabatan strategis dan peran Prabowo Subianto di posisi itu disebut sebagai sentral. (elz/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar