3 Partai Pendukung Jokowi Tak Masuk Kabinet, PPP: Masih Ada Wantimpres

Achmad-Baidowi
Achmad Baidowi.

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), dan PKPI, tiga partai pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, tak mendapatkan jatah dalam kabinet. Terkait hal itu, PPP menduga masih ada posisi lain yang akan disiapkan Jokowi.

“Sepengetahuan kami sih belum ada janji-janji yang disampaikan, baik secara tertulis maupun lisan, bahwa ‘kamu mendukung saya dapat ini’, sepertinya tidak seperti itu lah. Hanya kebiasaan saja orang yang berkontribusi biasanya ada tempatnya. Kalaupun belum masuk ke kabinet, kalau memang Pak Jokowi nanti mengakomodir, toh masih ada beberapa tempat yang lain,” ujar Wakil Sekjen PPP Achmad Baidowi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.

Menurut Achmad Baidowi, penunjukan para pembantu Presiden di kabinet juga memperhatikan berbagai aspek. Dirinya menyebut Sekjen PPP Arsul Sani diminta bantuan ketiga partai itu untuk menyampaikan aspirasi ke Jokowi maupun timnya.

Baca juga:   Amnesti dari Jokowi Disetujui DPR, Baiq Nuril: Terima Kasih Bapak Presiden

“Tapi lagi-lagi itu kita serahkan ke Pak Jokowi. Kita hanya menyampaikan bahwa ini ada aspirasi dari bawah. Toh nanti dugaan saya kan masih ada Wantimpres atau apa gitu kan Pak Jokowi tahu lah saya kira itu, nggak perlu kami dikte,” ungkapnya.

Achmad Baidowi mengatakan, Arsul Sani telah menyampaikan aspirasi itu kepada Jokowi ataupun timnya. Dirinya menegaskan kewenangan menentukan pos-pos untuk partai sepenuhnya ada di tangan Jokowi.

“Maka seperti yang disampaikan sekjen-sekjen itu minta tolong ke PPP menyampaikan ke Jokowi dan tim penyusun itu ‘nasib kami ini bagaimana’, dan itu sudah tersampaikan sepertinya, tinggal tunggu waktu saja. Toh pos-pos itu kan tidak hanya di kabinet, masih ada tempat-tempat lain. Tapi sekali lagi itu kewenangan Pak Jokowi,” kata Achmad Baidowi.

Baca juga:   Serahkan Mandat ke Jokowi, Taufiqulhadi Nilai Pimpinan KPK Bermaksud Permalukan Presiden

Selanjutnya, Achmad Baidowi menuturkan para sekjen di Koalisi Indonesia Kerja (KIK) menyadari bahwa Jokowi juga melihat suara partai di parlemen saat penyusunan kabinet. Kendati demikian, dirinya yakin kontribusi sekecil apapun memiliki arti penting dalam pemenangan Jokowi.

“Mereka sih sadar diri Pak Jokowi kan menentukan kabinet itu berdasarkan kursi di parlemen kalau kita lihat kan. Tiga partai ini merupakan tiga partai pendukung yang perolehan suaranya dari bawah kecil,” ujar Achmad Baidowi.

“Tetapi sekecil apapun kontribusi mereka memiliki peran dan arti penting juga terhadap pemenangan Pak Jokowi. Kalau mereka berharap disampaikan kepada Pak Jokowi, ya wajar-wajar saja, sah-sah saja, itu namanya manusiawi,” tambahnya. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar