Diprediksi Kabinet Jokowi Tak Bertahan Lama, Pengamat: Menteri dari Parpol Paling Aman

Jokowi-Lantik-Menteri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik para menteri di Kabinet Indonesia Maju. (foto: detik/Kanavino Ahmad)

harianpijar.com, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad memprediksi Kabinet Indonesia Maju dibawah komando Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan bertahan lama. Bahkan, reshuffle kabinet bisa terjadi kurang dari satu tahun sejak pelantikan.

“Jika ada hal-hal yang dipandang kurang atau tidak memuaskan terkait visi misi presiden, bukan tidak mungkin ada reshuffle dalam jangka waktu sekitar satu tahun atau bahkan enam bulan,” kata Nyarwi Ahmad, Senin, 28 Oktober 2019.

Baca juga:   Ucapkan Selamat HUT ke PAN, Jokowi Singgung Banyak Orang Terusik Saat Perubahan Dilakukan

Menurut Nyarwi, ada beberapa faktor yang dapat memicu percepatan reshuffle. Pertama, reshuffle menteri akan terjadi jika tidak mampu merealisasikan visi misi atau target presiden.

Selain itu, Jokowi akan melakukan evaluasi subjektif atas kinerja dan capaian para pembantunya di Kabinet Indonesia Maju. Jika dipandang bagus, maka reshuffle tidak akan terjadi dalam jangka waktu dekat.

Kemudian, Nyarwi juga menjelaskan, pendapat atau persepsi kepuasan publik atas kinerja menteri juga sangat menentukan sikap Jokowi akan melakukan reshuffle terhadap menterinya.

Baca juga:   Wiranto Gelar Rapat Terbatas Bahas Pelantikan Presiden Jokowi

Namun, saat disinggung sosok menteri yang kemungkinan diganti cepat, Nyarwi lebih merujuk pada latar belakang menteri. Baginya, menteri yang berasal dari partai politik akan cenderung lebih aman dibanding profesional.

“Kecuali parpolnya mulai dipandang tidak loyal pada pemerintahan Jokowi. Tapi untuk jangka dua tahun ke depan, sepertinya loyalitas parpol-parpol tersebut tak banyak mengalami perubahan sehingga kecil kemungkinan menteri-menteri dari parpol tersebut masuk dalam daftar rushuffle,” jelas Nyarwi. (elz/rmo)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar