Johnny: NasDem Yakin Jokowi Utamakan Soliditas dalam Bentuk Kabinet

jhonny-nasdem
Jhonny G Plate.

harianpijar.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merampungkan susunan kabinet yang akan membantu kepemimpinannya di periode kedua.

Menurutnya, nama-nama yang masuk ke dalam kabinet tersebut akan diumumkan tidak lama setelah Joko Widodo (Jokowi) bersama KH Ma’ruf-Amin dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih oleh MPR pada 20 Oktober 2019 lusa.

Johnny G Plate juga menilai, siapapun yang masuk ke dalam kabinet harus mampu membantu Jokowi-Ma’ruf Amin mewujudkan visi misi pemerintahannya. Tanpa memandang asal usul partai pengusung, partai non pengusung, maupun kalangan profesional non partai.

Baca juga:   Pengamat: Presiden Dinilai Miliki Banyak Pilihan Perbaiki Kekacauan Legislasi

“Pertimbangan beliau (Jokowi) adalah visi misi yang diterima rakyat. Jadi kalau masuk ke dalam (kabinet) terima visi misi presiden. Jangan bawa visi misi baru,” ujar Johnny G Plate di Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019.

Ditegaskan Johnny G Plate, anggota kabinet baru nanti juga wajib meningkatkan kinerja dari kabinet yang ada sebelumnya. Selain itu, dalam menyusun kabinet, Partai NasDem meyakini presiden sangat mengutamakan soliditas di dalam koalisi untuk menjaga kekompakkan kabinet ke depan.

“Bisa melakukan koordinasi yg baik di anggota kabinet, bukan kerja sendiri-sendiri,” ucapnya.

Baca juga:   Gerindra Merapat ke Pemerintahan, Analis: Diprediksi NasDem Tetap Bertahan

Kemudian, Johnny G Plate juga menjeaskan, jika Jokowi merasa perlu melebarkan sayap susunan koalisi demi mempercepat terwujudnya visi misi pemerintahan. Karena itu, Partai NasDem siap mendukung keputusan tersebut. Partai NasDem juga menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada Jokowi sebagai pemegang hak prerogratif.

“Kalau Pak Jokowi merasa (Partai Gerindra dan Partai Demokrat) baik dan perlu memperlebar koalisi maka tentu kita dukung. Tapi kalau Pak Jokowi belum merasa perlu sekarang atau tidak sama sekali ya kita tetap dukung itu,” tukas Johnny G Plate. (elz/med)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar