Amien-Rais
Amien Rais. (foto: detik/Grandyos Zafna)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) bergejolak menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang. Hal ini bukan lagi mengenai pilihan 01 atau 02, melainkan soal posisi partai apakah masuk koalisi Joko Widodo (Jokowi) atau oposisi.

Ketum PAN Zulkifli Hasan menyatakan partainya mendukung Jokowi. Bahkan dirinya juga mengajak seluruh ormas Islam untuk ramai-ramai mendukung Jokowi.

“Apalagi lagi lebih jelas, setelah kita dukung Pak Jokowi, kita sukseskan, kita doakan biar sukses semua,” kata Zulkifli Hasan seusai menghadiri peletakan batu pertama Masjid At-Tanwir, di gedung Pusat Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Oktober 2019, seperti dilansir detik.

“Kita dukung (dan) sukseskan Pak Jokowi untuk memimpin negeri ini agar lebih maju, lebih makmur, lebih jaya untuk kita semua,” imbuhnya.

Baca juga:   Arief Poyuono Minta Jokowi Pecat Semua Direksi dan Komisaris Bank Mandiri

Pertarungan politik boleh saja selesai untuk Zulkifli Hasan, namun berbeda halnya dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Anggota Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo yang juga orang kepercayaan Amien Rais menegaskan bahwa posisi PAN tak sepatutnya di barisan koalisi, apalagi mengharap jatah menteri.

“Kenapa sih PAN masih ditimbang-timbang masuk kabinet? Wong sudah jelas PAN memilih di luar pemerintahan,” ujar Dradjad Wibowo mengungkap arahan Amien Rais kepada awak media, kemarin.

Dradjad Wibowo mengatakan kursi PAN di DPR kecil sehingga tak ada urgensinya pemerintah mengajak PAN bergabung. Dirinya juga membantah sikap politik Amien Rais yang bertentangan dengan Jokowi dianggap sebagai batu penghalang PAN masuk koalisi pemerintahan.

Baca juga:   SBY dan Prabowo Bertemu Jokowi, PAN: Kami Akan di Luar Pemerintahan

“Kalau disebut Pak Amien menjadi ganjalan, ya ngaco lah. Yang bicara seperti itu kurang paham tentang PAN dan pengurus-pengurus wilayah dan daerah PAN itu kebanyakan memilih di luar pemerintahan. Itu cerminan aspirasi pemilih PAN,” kata Dradjad Wibowo.

“Bahwa pemilih PAN dan pengurus PAN baik di pusat maupun daerah, sangat mendengarkan nasihat Pak Amien, ya itu memang karena kharisma beliau, selain tentunya karena sejarah perjuangan reformasi dan PAN. Jadi apa yang ditakutkan kalau PAN di luar pemerintahan?” tambahnya menegaskan sikap Amien Rais. (nuch/det)

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of