Pengamat: Diprediksi Tidak Kuat Puasa Kekuasaan, Gerindra Merapat ke Jokowi

Pangi-Syarwi-Chaniago
Pangi Syarwi Chaniago.

harianpijar.com, JAKARTA – Pendiri dan CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago memprediksi merapatnya Partai Gerindra ke koalisi Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin karena partai yang di pimpin Prabowo Subianto itu tidak kuat menahan puasa kekuasaan selama 10 tahun.

“Kita bisa memahami nuansa kebatinan Prabowo. Barangkali tidak kuat menjadi partai oposisi selama 10 tahun, berat bagi Prabowo puasa,” kata Pangi Syarwi Chaniago di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

Menurut Pangi Syarwi Chaniago, sinyal Prabowo Subianto dan gerbong Partai Gerindra merapat ke koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin semakin kuat. Bahkan, terindikasinya partai koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin yang awalnya tampak menolak saat ini menyatakan secara terbuka menerima bergabungnya Partai Gerindra.

Baca juga:   Politisi Gerindra: Dukungan Prabowo untuk Jokowi Bersyarat

Pangi Syarwi Chaniago juga menganalisis, keputusan Prabowo Subianto merapat ke Jokowi juga disebabkan alasan logistik untuk pertarungan pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Karena, tanpa cantolan kekuasan kuat, Partai Gerindra akan sangat sulit bertarung.

“Apalagi pertarungan Pilpres 2024 butuh logistik, tanpa cantolan yang kuat sangat berat Gerindra bisa bertarung pada Pilpres 2024,” ujar Pangi Syarwi Chaniago.

Selain itu, Pangi Syarwi Chaniago melihat manuver politik Prabowo Subianto sangat agresif. Hal itu adalah cara pemimpin Partai Gerindra itu membangun silaturahim politik.

“Ini adalah cara dan upaya dalam membangun silaturahim politik, agar partai koalisi pengusung tidak meradang,” ucap Pangi Syarwi Chaniago.

Baca juga:   Wiranto: Wantimpres Minta Masukan dari Para Akademisi UGM

Sementara diketahui, usai bertemu Jokowi, Jumat, 11 Oktober 2019 lalu, Prabowo Subianto gencar melakukan safari politik ke petinggi partai koalisi Jokowi. Bahkan, secara berurutan dalam beberapa hari ini mantan Danjen Koppasus itu menemui ketua umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan juga malam tadi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Sedangkan, silaraturahim politik Prabowo Subianto itu disebut-sebut sebagai upaya pintu masuk Prabowo Subianto karena akan bergabung ke dalam koalisi pemerintahan. (elz/rmo)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar