Populi Center: Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Anies Menurun

Populi-Center
. (foto: detik/Dwi Andayani)

harianpijar.com, JAKARTA – Lembaga survei Populi Center menggelar survei terkait tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Pemprov DKI Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hasil survei tersebut menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat menurun.

Survei itu dilakukan dalam rentang waktu 9-18 September 2019 dengan menggunakan kuesioner eksperimental dengan kaidah probability sampling di 6 kabupaten/kota di DKI Jakarta.

Jumlah responden 600 orang, proporsi laki-laki dan perempuan sebanyak 50 persen dengan margin of error kurang lebih 4,00%.

Dalam survei yang dilakukan Populi Center itu, responden diminta menilai kepuasan terhadap hasil kinerja Pemprov DKI Jakarta. Peneliti Populi Center, Jefri Adriansyah mengatakan sebanyak 58,5 persen masyarakat menilai puas dengan kinerja Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga:   Anies Bandingkan Penanganan Massa Habib Rizieq dengan Pilkada, Begini Kata DPR

“Kemudian untuk kepuasan kinerja Pemprov DKI Jakarta, secara keseluruhan masyarakat menjawab puas,” kata Jefri Adriansyah saat pemaparan hasil survei di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Senin, 14 Oktober 2019.

Meski begitu, Jefri Adriansyah menyatakan terjadi penurunan atas kepuasan masyarakat tersebut. Penurunan ini dibandingkan dengan hasil survei yang dilakukan pihaknya pada satu tahun pemerintahan Anies Baswedan.

“Akan tetapi mengalami penurunan, jika kita bandingkan dengan survei kita pada 1 tahun sebelumnya yang mengenai evaluasi 1 tahun berjalannya pemerintahan Anies Baswedan di Jakarta,” ujar Jefri Adriansyah.

“Ada kecenderungan penurunan kepuasan masyarakat untuk tahun kedua Anies memimpin di Jakarta,” imbuhnya.

Baca juga:   Anies Ingin Cairkan Dana Cadangan, Golkar: KPK-BPK Harus Audit

Berdasarkan hasil survei 2019, tingkat kepuasan responden sebesar 58,5 persen. Sedangkan hasil survei 2018, tingkat kepuasan sebesar 58,9 persen.

Adapun perbandingan hasil survei terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemprov DKI Jakarta pada 2018 dan 2019 adalah sebagai berikut:

Tingkat kepuasan September 2019

Sangat Puas 7,0 persen
Puas 58,5 persen
Tidak Puas 26,8 persen
Sangat Tidak Puas 1,3 persen
Tidak Tahu 6,3 persen

Tingkat kepuasan Oktober 2018

Sangat Puas 10,9 persen
Puas 58,9 persen
Tidak Puas 25,9 persen
Sangat Tidak Puas 1,0 persen
Tidak Tahu 2,5 persen

. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar