PAN-PKS Mantap Oposisi, Gerindra: Kami Hargai Keputusan Apapun yang Diambil

Habiburokhman
Habiburokhman. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Partai Gerindra menyatakan menghargai keputusan PAN dan PKS yang mantap menjadi oposisi. Partai Gerindra menyebut, meski Pilpres 2019 sudah usai, pihaknya masih berhubungan baik dengan dua mantan koalisinya itu.

“Kami menghargai keputusan apapun yang diambil PAN dan PKS. Walaupun BPN sudah dibubarkan, karena Pemilu 2019 sudah usai kami masih menjalin hubungan baik dengan mereka,” ujar Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman kepada awak media, Minggu, 13 Oktober 2019.

Menurut Habiburokhman, usai Pilpres 2019, partainya menyerahkan sikap politik ke parpol masing-masing. Dirinya mengungkapkan, meski Partai Gerindra terbuka untuk merapat ke koalisi pemerintah, partainya tak pernah membujuk PAN dan PKS untuk ikut melabuhkan dukungan ke Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga:   Puji Instalasi Gabion Kreatif, Gerindra DKI: Kalau Seni Emang Begitu

“Tentu tidak dong karena kami tidak boleh mencampuri urusan dapur partai lain,” ucapnya.

Terkait sikap politik Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan akan diumumkan dalam rakernas partai pada 17 Oktober mendatang.

“Tanggal 17 pas rakernas. Hari itu Insyaallah semua kumpul, Dewan Pembina, Dewan Pakar, DPP, Perwakilan DPD serta organisasi sayap,” kata Habiburokhman.

Sebagaimana diketahui, kabar merapatnya Partai Gerindra ke koalisi Jokowi semakin menguat. Apalagi, setelah Presiden Jokowi dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu pada Jumat, 11 Oktober 2019 lalu. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas kemungkinan Partai Gerindra untuk merapat.

“Berkaitan dengan koalisi, belum final, tapi kami tadi sudah berbicara banyak kemungkinan Partai Gerindra masuk ke koalisi kita,” ujar Jokowi.

Baca juga:   Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Gerindra Ungkap Reaksi Prabowo Subianto

Di sisi lain, PAN dan PKS telah menyatakan akan menjadi oposisi. PAN mengaku akan menjadi oposisi konstruktif, sedangkan PKS merasa lebih leluasa dan terhormat untuk berada di luar pemerintahan.

“Berbeda dengan Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mantap bersikap tidak tergoda masuk pemerintahan. PKS akan lebih leluasa, terhormat, bermartabat, dan objektif dalam menawarkan perspektif dan alternatif solusi kebangsaan jika tetap berada di luar pemerintahan. Oleh karena itu, insyaallah PKS komitmen tetap berada di luar pemerintahan,” ungkap Ketua Fraksi PKS di DPR, Jazuli Juwaini dalam keterangannya, hari ini. (nuch/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar